Saturday, October 3, 2009

Pofil Penulis

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirahmanirahim
Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Nya aku menyembah dan kepadan-Nya aku memohon pertolongan, sholawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi wa Sallam, beserta ahlul bait, para sahabat, para Tabi'in, tabi'it, para ulama dan para pengikutnya hingga khir jaman

Hidup hanya sekali manfaatkan sebaik mungkin untuk kebaikan, demikianlah motto yang aku tanamkan dalam jiwaku sambil selalu berharap apa yang masuk adalah kebaikan dan yang keluarpun adalah kebaikan sehingga hidup benar-benar bermakna. Ada firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang sangat menginspirasiku yaitu:
"Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya kelak pasti akan dimintai tanggung jawabnya." (Al Isra' 36)
Alhamdulillah sampai saat ini Allah masih memberi kesempatan kepadaku untuk bisa berbagi melalui tulisan yang terposting melalui blog ini. Sesungguhnya aku bukanlah seorang penulis yang handal, bukan pula seorang da'i yang berilmu mumpuni perihal agama Islam. Tapi aku hanyalah seorang manusia yang mencoba memanfaatkan waktu yang diberikan oleh-Nya untuk belajar memaknai hidup dengan cara menulis hal-hal yang islami.

Menulis bagiku adalah sarana pembelajaran diri, dari menulis ini aku banyak mengerti makna berbagi. Tentunya tidak lepas dari masukan sahabat-sahabat yang berkenan meluangkan waktu dan menuliskan komentar-komentarnya di postinganku, maka tidak berlebihan jika aku mengucapkan rasa terimakasih dan penghargaan kepada sahabat semua, tentunya harapanku selalu ada masukan berupa kritik dan saran agar bisa memacu semangatku untuk berhijrah pada kebaikan dan kebenaran.
 
Sedikit aku tulis tentang catatan diri. Aku dilahirkan tepatnya tanggal 5 Januari beberapa tahun yang lalu (maaf tahunnya lupa). Orang tua memberiku nama Budhi Santoso. Mungkin harapannya agar anaknya berbudi pekerti atau berakhlak yang baik. Bisa berbuat baik pada Agama, negara dan sesama, serta hidupnya tidak terlalu berlebihan dan tidak juga kekurangan dalam hal materi maupun ilmu. Karena dengan mempunyai harta dan ilmu yang cukup akan bisa berbagi kepada yang membutuhkan. Terimakasih untuk nama yang baik ini. Untuk nama penaku memakai Insan Robbani, nama ini adalah salah satu pemberian dari seorang guru pembimbing spiritualku. Mungkin harapannya agar aku bisa menjadi manusia utama yang selalu mengingat Allah sebagai Tuhan yang layak sebagai sandaran dan tempat bergantung.

Setelah lulus dari SMA melanjutkan kuliah di fak Hukum di salah satu Universitas swasta yang ada di surabaya, sangat jauh dari pelajaran-pelajaran formil atau dikhususkan pada agama Islam. Tapi Alhamdulillah karena kebaikan dan kemurahan Allah aku diberi kesempatan oleh-Nya untuk belajar tentang ilmu Hadist, Tafsir, kerohanian, Filsafat, Kristologi, Harokah dan sebagainya. Walau diriku bukan orang yang pandai di bidang agama tapi minimal tahu tentang ilmu agama.

Pasca keislamanku maka aku bergabung dengan HMI di kampus dan Remaja Masjid dilingkungan rumah. Dari situ aku bisa belajar dengan orang-orang hebat dalam bidangnya, terimakasih kepada Almarhum Bpk KH. Hasyim Sofyan. Beliau adalah seorang ustadz yang sangat ahli dibidang ilmu Tafsir dan Hadist. Dari beliaulah aku banyak pengetahuan tentang Islam.

Terimakasih juga kepada Bpk KH Abdullah Wasi'an. Beliau banyak mengajariku tentang ilmu Filsafat dan kristologi. Dengan pembawaannya yang humoris banyak memberikan ilmunya padaku, yang membuatku semakin yakin akan Islam.

Terimakasih juga kepada Bpk KH Cholid Abubakar. Beliau selain memberikan ilmunya selalu memberikan semangat untuk beramar ma'ruf nahi mungkar sehingga kecintaanku pada Islam semakin besar dan semangat berjihad tidak pernah padam.

Terimakasih juga buat Ustadz Agus Win. dari beliau aku mengerti hakekat dari kehidupan, hakekat bertuhan, hakekat beragama dan sebagainya melalui bimbingan dzikirnya, cara bagaimana beribadah dengan hati yang ikhlas, belajar tentang syukur yang muaranya pada tazkiyatun nafs.

Terimakasih juga buat Ustadz Ibnu Suyitno Beliau adalah sahabat yang banyak mengajariku tentang bagaimana berislam yang baik dan benar. Tidak bosan-bosan membimbingku menuju arah yang lebih baik dan selalu setia mengingatkanku, menunjukkan referensi buku yang bagus untuk dibaca.

Terima kasih kepada Ustadz Suherman Rosyidi. Beliau adalah seorang da'i banyak memberikan ilmunya serta yang mau mendengar segala curhatan dengan sabar.

Dan tentunya terimakasih buat saudara-saudaraku di HMI dan Remaja masjid dahulu yang bersedia membimbingku menjadi muslim yang baik. Semoga Allah Ta'ala merahmati mereka semua.   Aamiin

Belajar agama bisa melalui sarana apa saja dan dimana saja tidak harus melalui pendidikan secara formil walaupun tidak dipungkiri pendidikan formil yang islami seperti sekolah Islam, pondok pesantren, universitas Islam sangat banyak membantu. Tapi kita tidak bisa mencari hal-hal yang ideal karena sesungguhnya sekaranglah waktu yang ideal untuk kita belajar dan mengenal islam. Maka lakukan sekarang juga dan jangan lupa peran seorang pembimbing sangatlah perlu agar kita tidak salah memaknai hukum-hukum Islam dengan penafsiran sendiri, semoga Allah memberi kemudahan. amin

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Jika Ada Saran dan kritik Atau apa saja
Silakan hubungi

PIN BB : 29E6816B
WhatApps: 0813 5775 1124
Email: media_robbani@yahoo.com
atau klik disini

23 comments

April 7, 2012 at 6:26 AM

aamiin...
semoga Bang Insan selalu bisa berbuat baik untuk Agama dan sesama...

April 15, 2012 at 4:37 PM

konon orang yang belajar itu derajatnya lebih tinggi daripada orang lain, apalagi kalau belajar Islam

April 16, 2012 at 12:27 PM

@u n n iAmin, terimakasih atas doa dan suportnya Unni

April 16, 2012 at 12:30 PM

@NFsetuju, karena yang namanya belajar tidak akan selesai sampai kita mati

May 9, 2012 at 4:03 PM

Salam kenal Mas Budhi, Saya juga gak pinter kok dalam menulis hehe,, ternyta guru spiritual Mas Budi banyak...

May 16, 2012 at 9:33 PM

Seperti riwayat hidup aja, kak ^^

salam kenal dari An ;)
www.aniamaharani.blogspot.com

May 18, 2012 at 6:44 PM

@भीम Sofyan भीमuntuk mengejar ketinggalan kang Sofyan, biar gak bodoh2 amat

May 18, 2012 at 6:45 PM

@An Maharani Bluepenhehehe...
iya profil penulis ya seperti ini

May 24, 2012 at 10:22 PM

Aamin....

senang rasanya bisa bersahabat dengan mas Insan, salam kenal dan trims atas sharingnya.... mari jaga silaturrahmi dan teruskan saling berbagi...

Saleum,

Alaika

May 26, 2012 at 10:07 AM

@alaika abdullahAlhamdulillah senang juga bisa berteman dengan mbak Alaika yg baik, ramah dan tidak sombong, rajin menabung lagi... wahahaha...


salam dari surabaya.

June 3, 2012 at 8:58 PM

@भीम Sofyan भीमuntuk ngejar ketinggalan Mas..., salam kenal juga

June 25, 2012 at 11:50 AM

Huaah udah pernah kopdar tapi baru tau namanya disini toh om budhi, tapi familiar nama insan robbani deh :D

June 26, 2012 at 8:23 AM

Asalamu alaikum ww. Alhamdulillah, saya senang berkesempatan menikmati sajian Anda, Bung Insan Robbani ( Budhi Santosa Machida). Terima kasih. Wsalamu alaikum ww.

June 26, 2012 at 9:13 AM

@Niar Ci Luk Baasilahkan panggil yg mana aja boleh..., asal jangan panggil tante... hehehehe

June 26, 2012 at 9:15 AM

@massuatmowaalaikumsalam..., terimakasih kunjungannya disini..., semoga sajiannya berkenan.

July 20, 2012 at 1:29 AM

Saya nulis di sini juga ah.. cap jempol.

Salam persahabatan dari kota kecil jember Mas :)

November 14, 2012 at 10:11 PM

salam kenal dari jogja
:)

December 12, 2012 at 5:57 AM

Karena membaca sebuah catatanmu aku sempat berfikir pemilik blog keren ini wanita, tulisannya lembut dan indah.

hehe,..salam kenal mas insan, beberapa kali jalan2 ke sini baru kali ini masuk ke dalam bahkan hingga ke dapur utamanya. :)

December 26, 2012 at 6:58 AM

Baru pertama menjejak disini...
Salam kenal dari saya di Sukabumi.
Salam persagabatan selalu,

January 9, 2013 at 11:36 AM

salam kenal mas...bener bgt, menulis adalah sarana pembelajaran diri. Semoga spirit nulis ttp terjaga dan bermanfaat buat semua. salam hangat dari bandung

February 19, 2013 at 7:48 PM

Baru tahu latar belakangnya mas Insan Robbani. Dibaliknya ketajiran ilmunya, ternyata latar belakangnya luar biasa banget.

Senang deh keciprat banyak ilmu dari mas Insan Robbani! :D

May 16, 2013 at 1:48 PM

Salam kenal Mas, dengan Sophie..

Semoga isi blog ini dapat memberikan kepada banyak orang, tak terkecuali saya yang masih terus belajar :)

September 14, 2013 at 5:07 PM

Wah ultah kita hampir barengan nih mas Insan, aku lahir tgl 6 january, tahunnya .... sik tak cari akte kelahiranku dulu .... hehehe.

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes