Saturday, October 15, 2011

Untukmu Bunda..!!

Mungkin tidak pernah kita ingat
Peristiwa beberapa tahun silam
Saat itu terdengar suara tangis seorang jabang bayi
Tangisan itu terasa lembut menggema keseluruh jagad raya
Menyibak keheningan antara rasa suka dan kecemasan
Telah lahir seorang bayi mungil
Dari rahim seorang ibu yang sabar nan tegar

  
Mungkin tidak pernah kita ingat juga
Betapa besar jasa kedua orang tua kita
Dengan segala kesabaran dan kasih sayang
Mereka mengasuh dan mendidiknya
Dengan curahan kasih sayang tanpa batas
Peluh bercucuran air matapun mengalir deras
Tanpa mengenal lelah, tanpa mengenal siang dan malam

Kita hanyalah manusia lemah saat itu
Tergolek tanpa daya, hanya bisa menangis saat lapar dan dahaga
Hanya kesabaran dan kelembutan tangan bunda
Selalu menimang dan menggendong kita
Membelai dengan hangat tanpa mengharap balas jasa

Waktu terus berlalu
Sang jabang bayi telah beranjak dewasa
Tumbuh menjadi sosok manusia yang mandiri
Berbalut dengan kecerdasan hati dan pikirannya
Buah dari jerih payah seorang bunda tercinta

Pernahkah kita sadari betapa besarnya pengorbanan bunda
pernahkah kita ucapkan terima kasih padanya
Seimbangkah balasan yang sudah kita berikan atas jasanya..?
Rasanya tidak mungkin...!
Kebaikan yang kita persembahkan seumur hiduppun
Tidak mampu menebus jasa perjuangan beliau
Saat berjuang antara hidup dan mati saat melahirkan kita

Ketahuilah....
Surga dan neraka ditentukan sikap kita kepada orang tua
Keridhaan Allah tergantung kepada keridhaan kedua orang tua
dan murka Allah pun terletak pada murka kedua orang tua.
Barang siapa berbakti kepada orang tua maka surga tempatnya
Barang siapa yang durhaka maka neraka telah menantinya

Allah berfirman:
"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya
dengan sesuatupun
Dan berbuat baiklah kepada kedua Orang tua

(QS. An Nissa : 36)
"Dan Kami perintahkan kepada manusia
berbuat baik kepada dua orang ibu-bapanya
Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah
yang bertambah- tambah"
 
(QS. Luqman : 14)
Sungguh Allah sangat memuliakan hambanya
yang berbakti kepada kedua orang tuanya

Dan sesungguhnya mendurhakai kedua orang tua
Akan memadamkan cahaya hati
seperti sabda Rasulullah" Peliharalah orang yang dicintai ayahmu
jangan engkau memutuskannya, sehingga Allah akan
memadamkan cahayamu
 
(HR Muslim)

Ya Allah sungguh kami orang yang bodoh
Sering mengabaikan nasehat mereka
Merasa lebih pintar dari mereka
Sering melawan dan menyakiti hati mereka
Padahal telah Engkau tegaskan dalam firman-Mu
"Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya
perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka
dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia"
 
(QS. Al Israa : 23)

Ya Allah ya Tuhan kami
Ampunilah dosa-dosaku, dosa kedua orang tuaku
Kasihinilah mereka sebagaimana mereka
Mengasihi dan mendidikku sewaktu aku masih kecil..

Aamiin ya Rabbal alamiin..



50 comments

October 15, 2011 at 4:02 PM

tulisan yang menarik sekali dan mengingatkan saya lagi :)

jadi mengingat kejadian tadi pagi bersama ibu.
Ehm -_-
astagafirullah

October 15, 2011 at 4:11 PM

Terima kasih sahabat telah berbagai dan mengingatkan kepada kita betapa pentingnya menjaga silaturahmi dan berbakti kepada ayah bunda kita.
Postingannya berlawanan dengan postingan abu sahabat...
Terima kasih

October 15, 2011 at 4:35 PM

KJunjungan silaturahmi kembali petang hari di sini sahabat...
Mengamini doa sahabatku...aamiin...aamiin

October 15, 2011 at 4:39 PM

Amin, ayo kita menjadi anak yang berbakti pada ortu om,,
Mantap postingannya, jadi pengen jadi anak yang soleh nih saya!, :D

October 15, 2011 at 6:44 PM

Tengkyu pencerahannya. Segala do'a selalu dan selalu buat ortu kita terutama Bunda.

Terharu...

October 15, 2011 at 7:14 PM

Dalam sujudku.

Ya Rabb, sayangilah Ibu dan Ayahku....
Air mata itu perlahan membasahi pipi...

October 15, 2011 at 10:00 PM

wah..
subhanallah.. jadi kembali merenung, tadi siang ibu agak ngedumel krn anak-anaknya susah di suruh. ampuni kami ibu :(
ibu itu tiga kata berjuta makna.. terima kasih buat tulisannya mas. apalagi dg tambahan ayat2nya. kata2nya pun syahdu.. sayang ibu..

October 16, 2011 at 12:15 AM

wah.. hari inikog aq baca postingan tentang ayah dan ibu mulu ya?? waduduh.. jadi pengen pulang lagi.. hahaha padahal uda niat gak pulang lama.hehe demi menuntut ilmu.. amiin.. :)

October 16, 2011 at 12:19 AM

Makasih mas, saya merasakn kelelahan dan ketegaran ortuQ saat membesarkan ku sampai skrng.. ketika sy menjadi sosok remaja saya malah berbuat dosa kepadax.. :'(
perenungan yg sangat baik..

October 16, 2011 at 10:50 AM

Itulah bentuk pengorbanan bunda yang sering kita abaikan dalam kehidupan sehari - hari,
Tapi beliau tidak pernah mengeluh dengan hal tsb,beliau selalu ada di saat kita terpuruk & di atas
Dah aku follow blog kamu,ganti follow back balik ya

October 16, 2011 at 9:24 PM

robbighfirlii waliwalidayya...
membahas pengorbanan ibu sekaligus kedurhakaan anak ga ada habisnya..sering banget tanpa kita sadar kita menyakiti hati ibu. ya, bahkan kata "ah" sebagai penolakan kita atas permintaan ibu, bisa menghantarkan kita ke jurang kedurhakaan.

syukron jazzakallah khoir, kang Insan telah mengingatkan kembali..
semoga KAng Insan selalu di rahmati Alloh sehingga dapat terus berkarya dengan konten2 tulisan yang penuh hikmah.

October 16, 2011 at 9:54 PM

Ketika giliran kalian mengandung seorang anak..disitulah kalian mulai diingatkan betapa besar pengorbanan seorang bunda :)

Waktu saya hamil beberapa bulan yang lalu, apalagi pas 7 bulan ke atas..ya Allah, mau ngapa2in aja susah.. Mau tidur miring kiri gak enak, miring kanan sama aja, tidur terlentang apalagi! Saat2 seperti itu kebetulan ada Bunda yang tinggal juga di rumah, menemani saya yang sementara mengandung... aih aih setiap saat saya selalu peluk bunda, minta maaf, dan bertanya bagaimana beliau dulu waktu mengandung saya..

Setelah melahirkan, masih harus nahan rasa sakit. Padahal tengah malam si kecil juga haus.. rasa sakit luar biasa setiap bergerak sedikit saja benar2 harus ditahan karena makan n minum si kecil hanya ada pada ibunya :)

Ketahuilah ketika kita mengandung, melahirkan, menyusui..intinya ketika kita menjadi seorang ibu maka kita akan tahu betapa beratnya perjuangan seorang bunda/ibu kita..Bahkan mungkin apa yang mereka rasakan dulu lebih berat dibanding yang kita rasa :)

*komennya panjang bener*

October 17, 2011 at 6:02 AM

sepanjang masa kasih ibu tak tergantikan dengan nilai apapun di dunia

October 17, 2011 at 5:14 PM

silaturahmi disini sobat,, sangat mulia kasih sayang orang tua kepada kita,, tapi kadang kita tidak menyadarinya,, subhanallah,, jadi ingat sama orangtua ku yg jauh dariku sob,, :'(

October 17, 2011 at 10:52 PM

haaaaaaaaaaa
jadi ke inget mamah, udah 3 minggu g pulang sampe di sms mamah anaknya kayak bang toyib.
hehe

October 18, 2011 at 2:06 PM

Inspiratif banget.

bagus .

salam kenal. ^_^

October 24, 2011 at 2:27 PM

Teringat Ummi dirumah... semoga beliau selalu dalam lindungan dan kasih sayang Allah Subhanahu wata'ala.. semoga Aku dan ibu bisa kembali Bersama dalam istana keindahan penuh cinta, (Syurga Firdaus) Amiin..

*kalau sudah berbicara tentang Ibu, saya sudah tidak bisa berkata banyak, karna ketika akan memulai membahasnya, tentu tidak akan cukup waktu dan ruang yg sempit ini.. yg Jelas, Ana uhibukifillah ya Ummi...^_^

January 5, 2012 at 7:10 PM

kenapa gak ada tombol "like"?
saya ingin kasi like di posting ini ....

January 24, 2012 at 1:55 PM

laki2 postingan2 mas Insan berhasil membuat tamparan dan kembali mengajakku merenung, apa yang sudah kulakukan pada kedua orang tuaku, terutama ibu, kurasa setitikpun belum pantas untuk sekedar membahagiakannya... ibu ayah, mavkan anakmu ini, semoga ayah dan ibu semakin disayang ALLOH. aamiin

January 24, 2012 at 6:58 PM

@muhammad ridwanterimakasih kang Ridwan, bisa dpertimbangkan

January 24, 2012 at 7:00 PM

@Rima Auliaamin...
Sayangi Beliau, cintai beliau dan rawatlah beliau berdua, jadikan ladang amal dlm kehidupan di akhirat nanti

January 26, 2012 at 8:27 PM

oomm kereeen tulisannyaa....

malam ni jadi nangissss,,,, :-(

kangeenn bunda...

June 21, 2012 at 6:20 PM

@uchankSelagi msh ditunggu orang tua (terutama Ibu)
muliakan mereka, krn mereka adalah ladang didunia menuju kehidupan di alam akhirat

June 21, 2012 at 6:21 PM

@abufarrassaya sudah baca posting yg antum maksud, dari sisi content-nya memang berbeda, tapi inti yg bisa dipetik adalah, ada adzab bagi anak yg durhaka.

June 21, 2012 at 6:39 PM

@Harumi Putri ChayaniSabar Ya Rumi, Insya Allah Bundamu sdh tenang di alam sana

June 21, 2012 at 6:39 PM

@webmdmksemoga Allah Ta'ala mengabulkan doa kita

June 21, 2012 at 6:40 PM

@Yudhi E. Putrantoapabila seseorang yang sudah meninggal amalannya akan terputus, kecuali 3 hal, dan salah satunya doa anak yang shalih

June 21, 2012 at 6:40 PM

@iffa hoetSungguh Allah sangat memuliakan hambanya
yang berbakti kepada kedua orang tuanya.
mari kita doakan kedua orang kita dgn keikhlasan hati ya mbak

June 21, 2012 at 6:41 PM

@arr rianAmin, semoga Allah mengabulkan doamu.
tetaplaah jadi kebanggaan bagi orang tua.

June 21, 2012 at 6:41 PM

@Irma Devi SantikaHayoo... ketauan suka bandel sama bundanya ya..
segera minta maaf, ga usah nunggu lebaran..

June 21, 2012 at 6:42 PM

@Muhaimin A Untungdulu saya menganggap biasa2 aja pengorbanan orang tua, tp begitu merasakan sendiri sbg ayah, baru bisa menyadari kenapa agama kita mengajarkan untuk menghormati orang tua terutama seorang ibu.

June 21, 2012 at 6:42 PM

@minitycbukan bermaksud membuat jd pengen pulang loh..
ini hanya sbuah realita betapa seorang anak suka lupa akan perjuangan dan pengorbanan seorang bunda..
ada pepatah kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah...

June 21, 2012 at 6:42 PM

@Andyitulah seorang ibu, sebandel apapun anaknya tidak akan melunturkan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada anaknya, sdh sepatutnya kita apresiasi dgn bentuk bakti kepadanya.
oh ia sy sdh foolback..thx kunjungannya

June 21, 2012 at 6:43 PM

@andryahdakaAllah dan Rasulnya sangat memuliakan seorang ibu, yg mempertaruhkan nyawanya utk melahirkan, merawat hingga dewasa, sangat tidak pantas bila kita durhaka pd ortu

June 21, 2012 at 6:43 PM

@Mama Raniwah terimakasih mbak...sgt membantu menegaskan postingan saya, krn lgsung mengalami sendiri masa2 perjuangan tsb, mkalo saya hy sebatas ikut direpotkan merawat junior aja..

June 21, 2012 at 6:44 PM

@BlogS of HariyantoSetuju sobat, kasih ibu dibawa samapai mati...

June 21, 2012 at 6:44 PM

@Rama88postingan saya hy sekedar utk mengingatkan, bahwa Islam sangat memuliakan orang tua terutama ibu, jaga baik2, jgn sakiti dia walau dgn kata2 "ah"

June 21, 2012 at 6:45 PM

@dhannii.keccilhayo ditengok mamahnya, jgn ky bang toyib, dua kali puasa, dua kali lebaran gak pulang, tpi jatah uang minta dikirim terus... hahahahaha

June 21, 2012 at 6:45 PM

@Ikbal Rizkiterimakasih kunjungannya
salam kenal

June 21, 2012 at 6:47 PM

@Anna AQyuanbetul untuk menngurai kebaikan seorang ibu, tidak akan habisnya

June 21, 2012 at 7:01 PM

Terharuuu..
berasa ke diri sendiri..
Aku ga deket sama Mama, ga pernah akuur..
Suka sedih kalo baca atau ngomongin soal Bunda..hiks..
Tak bisa berkata-kata..

June 21, 2012 at 7:21 PM

Masssss saya wudhu dulu ah mau solat. Bikin aku inget dosa mas sama umikuu T_____T

June 21, 2012 at 9:28 PM

@Nchie HaniePasti seorang Ibu bisa tahu dan merasakan apa yg dirasakan waktu berjuang diantara hidup dan mati.

Ayo mbak Hanie, dimulailah dari sekarang

June 21, 2012 at 9:29 PM

@Asep Saepurohmanjangan lupa doakan yang terbaik untuk uminya ya Asep

June 25, 2012 at 11:33 PM

Bunda tidak minta dihormat-hormati, bunda tidak minta anak2 membalas apa yang sudah bunda lakukan untuk mereka. Bunda tidak minta dibahagiakan...... Bukan itu anak2ku... Tapi semua itu adalah perintah Allah dalam firman2Nya. Lakukan semua itu karena anak2 mencari ridha Allah. Perlakukan bunda semata2 karena menyadari bahwa Allah yang memberi perintah demikian. Berikan sikap dan perhatian seperti apa yang tertera pada Kitab Suci Alqur'an. Biasakan melakukan segala sesuatu dengan hal besar, yaitu mencari ridha Allah. Insya Allah bunda bahagia, anak2 bahagia, dan semua itu ada dalam rahmat Allah. Aamiin...

February 6, 2013 at 2:42 PM

nice post

February 8, 2013 at 9:45 PM

@Niken
5 kali diberi kenikmatan melahirkan... Indah sekali pengalaman itu. Tak berharap apapun dari mereka, doa selalu terpanjat untuk mereka.

October 11, 2013 at 10:46 PM

Hiks..Hiks..
ahh mengingatkan aku akan orang tuaku

Makasih ya ko udah mengingatkan :(

October 12, 2013 at 4:20 AM

Point ini kadang membuatku khawatir. karena Ridho ibu tak selalu kudapatkan mengingat betapa seringnya beliau salah paham padaku. Tiap ada saudara yg salah paham, akulah yang salah. Karena semua anak yg diasuhnya tak mungkin salah. Mungkin karena beliau hanya mengasuhku 30 hari hingga tak memahamiku. Tak perduli betapa banyak aku mendekat dan menjaga silaturrahmi meski beda kota.
Masih ada pintu surga yang lain kan? :)

October 12, 2013 at 7:47 AM

Hiks... Kangen ma2 nih jdnya...
Pgn pulang :(

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes