Tuesday, September 20, 2011

Jangan Pernah Menyerah....!!

Suatu ketika aku chating dengan salah satu sahabat, seperti biasanya sebagai sesama muslim kita saling bertanya kabar diri dan kabar keimanan masing-masing, entah kenapa tidak seperti biasanya kali ini dia terlihat kurang bersemangat, padahal yang aku tahu dia adalah sosok yang punya semangat juangnya tinggi dalam membela agamanya Allah.

Dengan rasa ingin tahu kuberanikan diri untuk bertanya apa yang terjadi atas dirinya. Ternyata dalam dakwahnya menemui benturan-benturan, cemoohan serta sindiran yang bernada sinis dari orang-orang sekelilingnya

Terinspirasi dari situ
aku mencoba membuat tulisan ini, sebenarnya aku bukan orang yang pandai merangkai kata-kata indah, tapi terdorong rasa cinta pada seorang sahabat, rasa cinta pada Islam yang terutama rasa cinta kepada Allah dan Rasul-Nya, maka aku mencoba membuat tulisan ini dengan harapan semoga mengandung manfaat bagi semuanya terlebih bagi diri sendiri
"Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat)", (QS. Al Mu’min : 51)

Wahai sahabatku....!!
Tidak selamanya berdakwah akan menuai hasil yang menyenangkan seperti harapan kita, banyak halangan dan rintangan yang siap menghadang kita, yang siap meluruhkan semangat juang kita, tapi apakah seperti itu kita diciptakan..?

Sahabatku…!!
Allah berfirman:
"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik". (QS. Ali 'Imraan:110)

Kita umat terbaik yang diciptakan oleh Allah, maka hendaklah kita bersikap seperti halnya umat yang baik, tidak gampang putus asa, tidak gampang mengeluh dan tegar menghadapi benturan-benturan dari luar terutama dari musuh-nya Islam, yakinlah bahwa Allah akan selalu menolong Rasul-rasulnya dan orang-orang yang beriman, itulah janji Allah dan mustahil Allah mengingkari janji-Nya sendiri

Hasil akhir bukan ukuran keberhasilan sebuah perjuangan, kita ambil contoh kisah perjuangan Nabi Nuh as. dalam rangka mengajak umatnya untuk beriman kepada Allah Subhana wa Ta'ala, perjuangan panjang dilalui, siang dan malam terus berdakwah sampai waktu yang cukup lama sekitar 950 tahun, tapi ternyata umatnya yang beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak lebih dari 13 orang. Sungguh hasil yang tidak seimbang dengan waktu yang sedemikian lama. Kita lihat lagi kisah perjuangan Nabi Yahya as. dia tewas dibunuh oleh musuhnya.


Pertanyaannya adalah “apakah dakwah Nabi Nuh dan Nabi Yahya berarti gagal..?

Ketahuilah saudaraku Allah tdk hanya menilai hanya dari hasil akhir, tapi juga melihat dari proses menuju hasil akhir, barangkali orang akan menganggap Dakwah Nabi Nuh adalah sebuah kegagalan, tapii ke-istiqomah-an Nabi Nuh selama 950 tahun tanpa mengenal putus asa tanpa ada kecenderungan mengikuti kehendak kaumnya serta tidak terpengaruh olok-olok dari kaumnya itulah sebenarnya hakekat sebuah kemenangan.
Allah berfirman:
"Dan sesungguhnya telah tetap janji Kami kepada hamba-hamba Kami yang menjadi rasul, (yaitu) sesungguhnya mereka itulah yang pasti mendapat pertolongan. Dan sesungguhnya tentara Kami itulah yang pasti menang", (QS. Ash Shaaffaat : 171-173)

Rasulullah menerangkan:
Bahwa kemenangan terbentuk dari sikap istiqomah terhadap agama dan tidak mundur dari apapun yang diderita dan dialaminya

Sahabatku…!!
Sangat berbeda cara pandang umat Islam dengan orang-orang kafir tentang hakekat kemenangan, orang kafir memandang kemenangan dengan pandangan duniawi sedangkan bagi umat Islam kemenangan tidak mengenal ruang dan waktu, bisa kemenangan dzahir dan spontan dan kemenangan tertunda bahkan kemenangan yang tidak didapatkan didunia, tapi yakinlah bahwa Allah tetap mengakumulasikan pada kehidupan akherat nanti, bersabarlah terhadap kejahatan orang-orang yang hasud

Kita lihat lagi bagaimana seorang ulama kondang Sayyit Qutb dipenjara dan mati dibunuh oleh penguasa yg zalim, Sayyit Qutb dianggab musuh kaum sekuler dimesir, jika tidak dibunuh akan menjadi duri dalam daging, justru dengan kematiannya itulah menjadi inspirasi bagi seorang sipir atheis untuk masuk Islam. A
ku juga terkesan dengan apa yang disampaikan oleh syaikhul Islam Ibnu Taymiyah, kata-tanya indah memotivasi "bagi mukmin sejati dibunuh adalah syahidah diusir adalah tamasya dipenjara adalah khalwat".
"Maka tidak ada kewajiban atas para rasul, selain dari menyampaikan (amanat Allah) dengan terang" (QS. An Nahl : 35)

Dari ayat diatas sudah jelas tugas manusia hanyalah menyampaikan sedangkan hidayah adalah hak prerogatifnya Allah, jadi maksud dan tujuan berdakwah adalah menunjukkan pada hidayah bukan untuk memberi hidayah dan pada pelaksanaanya harus sesuai syariat Islam, jika mereka berpaling dari ajaran Islam yang kita sampaikan, maka tugas kita hanya menyampaikan tidak ada tanggung jawab kita atas penolakan mereka.

Allah SWT tidak pernah memberi beban yang melebihi kemampuan kita. Ini menurut Al Quran. Jadi bagaimana pun besarnya beban, kesulitan, dan masalah yang kita hadapi, yakinlah bahwa kita akan mampu melewatinya dan mengatasinya.
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Alam Nasyrah:5-6).
Yakinlah setiap kesulitan akan ada kemudahan dan setiap kesulitan akan mengandung hikmah serta pembelajaran bagi manusia….

Selamat berjuang sahabatku…..!!


24 comments

September 20, 2011 at 10:16 PM

salam semangat buat sahabatnya mas :)
tulisannya membuat saya semakin bersemangat dalam menjalani semua serta menjalani hari esok.
yakin bahwa sesudah kesulitan, akan ada kemudahan. la tahzan innallaha ma'ana ^^

September 20, 2011 at 10:22 PM

asyiiiiikkk, nambah pengetahuan lgi. :D

ini mngapa sya senang BW, slain mnyapa sahabat, dpt info juga. mengingatkan dan slg menguatkan di waktu bersamaan. apalgi klo landasannya ajaran agama. mantab bener. toh, sejak kuliah, plajaran agama jd minimalis. klo bukan qt yg cari sendiri, mau nemu dimana lgi.

keep post, san.

September 20, 2011 at 10:45 PM

Irma Devi Santika:
saya sendiri hanya mengikuti sebuah filosofi "jika diri kita lemah menghadapi kehidupan, maka kehidupan akan makin kuat mendera, jika kita keras menghadapi kehidupan, maka kehidupan akan tunduk dan lemah dihadapan kita..
caranya dengan ttp semangat pantang menyerah

September 20, 2011 at 11:01 PM

@Accilong:
itulah salah stu sebab saya betah di komunitas Bloofers, banyak hal baru yg saya dapat, saya terinspirasi dari cara menulis yg baik dan benar dari arsipnya mbak Asriani. ttg tutorial di rumahnya mas Yudi Ananda, dari cara berpuisi bisa liat dirumahnya Irma dll...

sebuah keuntungan bagi saya bisa dimanjakan tulisan2 yg bermutu..

September 21, 2011 at 8:11 AM

semangat juga untukmu wahay sahabatku :D semoga Allah SWT selalu memberikan kamu kekuatan dalam setiap cobaan dan keadaan yang terpahit dalam mensyiarkan Islam, jangan lupa mandi wkwkkkwwk

September 21, 2011 at 11:04 AM

silaturahmi disini, untuk mempererat tali silaturahmi sesama sobat blogger,, semangat kawan dan pantang menyerah,, sesuai dengan judul postnya,, hehehhehe

September 21, 2011 at 7:23 PM

silaturahim disini.. jadi semangat lagi menjalani kehidupan..

"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Alam Nasyrah:5-6)"

September 21, 2011 at 8:02 PM

Semangat.. semangat Mas, saya jadi semangat membaca postingan ini.

Ya kita kadang "malas" berproses dan hanya fokus pada tujuan akhir, padahal dalam setiap proses ada kekuatan, perjuangan dan semangat pantang menyerah.

manusia itu hanya berusaha, Allah lah yang menentukan..

terimakasih sudah menularkan aura untuk selalu tidak mudah menyerah... Caiyoo.. :)

September 21, 2011 at 11:08 PM

@Ananda:
Amin...,Terima kasih do'anya
terima kasih udah mengingatkan saya utk kembali mengingatkan jadwal mandi mas Ananda yang setaun sekali...
hahahahahaha....

September 21, 2011 at 11:10 PM

@Rama88:
Insya Allah selalu semangat kawan, krn hidup adl perjuangan yg hrs diperjuangkan....

September 21, 2011 at 11:14 PM

@Febry Ramadhani:
sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, itu sebagai gambaran muslim/ah tdk blh putus asa..

terimakasih silaturahmi-nya, ditunggu kunjungan saya

September 21, 2011 at 11:20 PM

@Tie:
Kebanyakan orang (termasuk saya) jarang yg mau bersabar menghadapi proses menuju kesuksesan, pengennya yg instan dgn memakai prinsip ekonomi "pengorbanan sekecil mungkin dgn mendptkan hasil yg banyak"

terimakasih...mbak Tatie slalu suport saya utk menjadi manusia yg pantang menyerah...

September 24, 2011 at 11:26 PM

Kunjungan silaturahmi malam sahabat di Mengenal islam Secara Kaffah...
Benar sahabat terkadang dalam memperjuangkan agama Allah ini pastinya akan banyak menemui benturan-benturan tapi Insya Allah dengan keihklasan hati dan juga kebulatan tekad untuk berdakwah maka semangat itu perlu dikobarkan lagi.
Teruskan berbagi ilmunya yang bermanfaat sahabat...

September 24, 2011 at 11:48 PM

Jangan pernah untuk menyerah sahabat dalam menegakkan kalimat Allah di muka bumi ini..
Ayo semangat---ayo semangat---

September 26, 2011 at 11:42 AM

@webmdmk
dengan keihklasan hati dan juga kebulatan tekad untuk berdakwah maka semangat itu perlu dikobarkan lagi.

setuju sahabat...tetap semangat...

September 26, 2011 at 11:46 AM

@abufarras:
Insya Allah semangat itu sealalu ada didada....

September 29, 2011 at 4:20 PM

Makasiiii semprotan semangatnyaaaaaaa....

hidup itu emang perjuangan, kalu ga mau berjuang ga usah hidup... :D

October 3, 2011 at 7:44 AM

@dienz:
Setuju...Hidup adalah perjuangan, tapi jangan lupa juga dengan do'a dan tawakal...

October 4, 2011 at 8:17 PM

"Ketahuilah saudaraku Allah tdk hanya menilai hanya dari hasil akhir, tapi juga melihat dari proses menuju hasil akhir"
like this quote : )

October 16, 2011 at 4:51 PM

@ErvinaLutfi:
ya suatu bukti Allah maha maha bijaksana dan Maha baik, dari niat baik aja sdh di ganjar dengan pahala...
subhanallah

January 5, 2012 at 7:19 PM

http://www.youtube.com/watch?v=kZlXWp6vFdE&feature=fvwrel

bukan untuk menang, tapi untuk menyelesaikan apa yang harus kita selesaikan. seperti ketabahan nabi Nuh AS, yang bahkan anaknya pun tetap kafir sampai air bah menelannya....

terimakasih kang....

February 7, 2012 at 2:16 PM

maksud dan tujuan berdakwah adalah menunjukkan pada hidayah bukan untuk memberi hidayah dan pada pelaksanaanya harus sesuai syariat Islam, jika mereka berpaling dari ajaran Islal yang kita sampaikan, maka tugas kita hanya menyampaikan tidak ada tanggung jawab kita atas penolakan mereka.

suka banget sama kata2 diatas, sangat memotivasi.. dakwah hanya bisa dipikul sama orang2 kuat dan berkualitas. semoga qt termasuk para pemikul dakwah, bukan hanya para penonton dakwah

August 9, 2012 at 9:33 AM

Dalam skala kecil saya juga pernah ngalamin seperti sahabat mas Insan. Yaitu ketika mencoba menyampaikan sebuah ayat yang menerangkan soal tahlil, jilbab, dan ukhuwah islamiyah kepada saudara2. Malah ditanya, kamu ikut aliran apa sekarang?
Sedih, tapi saya tdk perduli. Yg penting sdh saya sampaikan dan saya tunjukkan dengan sikap saya. Diterima atau tidak, itu urusan sendiri2.

February 6, 2013 at 2:41 PM

nice post

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes