Monday, September 26, 2011

Sayangilah Yang Ada Di Bumi Ini,

Bismillahirahmanirahiim

Akhir-akhir ini banyak fenomena yang terjadi dalam masyarakat muslim yang berkenaan dengan masalah kasih sayang, seakan kasih sayang adalah sesuatu yang mahal, yang mulai terkikis oleh derasnya arus perbedaan, sehingga rasa kasih sayang sedikit demi sedikit mulai luntur dari hati manusia, benarkah demikian.? Allah Subhanahu wa Ta'ala mempunyai sifat Ar-Rahman dan Ar-Rahim maka sudah seharusnya manusia sebagai hamba-Nya menyifati dengan sifat penuh cinta dan kasih sayang seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam kehidupan sehari-harinya


Seorang Muslim yang memahami hukum-hukum agamanya yang penuh toleransi akan selalu bersifat penyayang kepada sesama. Dari hatinya terpancar mata air rahmat dan kelembutan karena dia tahu bahwa rahmat kasih sayang yang disebarkan kepada orang lain menjadi penyebab dirinya memperoleh rahmat kasih sayang dari Allah Azza wa Jalla dan dicintai para penghuni langit. Sebaliknya orang yang tidak mau memberikan kasih sayang kepada orang lain, tidak akan pernah mendapatkan rahmat kasih sayang dari-Nya. Rahmat Allah hanya akan akan tertutup bagi mereka yang termasuk golongan orang-orang yang merugi seperti yang dijelaskan dalam hadist Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam berikut ini:

“Sayangilah makhluk yang di bumi, maka Dzat yang ada di langit akan menyayangimu” (HR. Imam Thabrani)

“ Barang siapa yang tidak menyayangi orang lain, maka Allah tidak akan menyayanginya” (HR. Imam Thabrani)

"Sifat penyayang tidak akan dicabut kecuali dari orang-orang yang celaka” (HR Bukhari)

Bahkan rahmat kasih sayang yang dimiliki orang muslim ini tidak hanya terbatas untuk dirinya, keluarga, anak-anak, kaum kerabat serta teman-temannya, tetapi juga menyangkut seluruh umat manusia secara keseluruhan, karena Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam telah menjadikan kasih sayang sebagai salah satu syarat iman:

“Kalian tidak akan beriman sehingga kalian menyayangi, Para sahabatpun bertanya, Wahai Rasulullah, secara keseluruhan kami ini penyayang. “Beliau menjawab, “kasih sayang bukan kepada teman saja tetapi kepada manusia seluruhnya” (HR. Imam Thabrani)

Rahmat kasih sayang ini bersifat umum, rahmat yang menyentuh umat manusia, disebarluaskan Islam kedalam hati setiap orang muslim. Yang dijadikan oleh Islam sebagai karakteristiknya, agar seluruh masyarakat benar-benar saling menyayangi, diwarnai dengan cinta yang murni, nasihat yang tulus dan kelemah lembutan yang mendalam.
Rasulullah
Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah teladan dalam hal kasih sayang yang murni, bahkan apabila mendengar tangisan bayi saat beliau mengimami shalat maka beliau memendekkan shalatnya sebagai penghormatan kasih sayang ibunya yang ikut shalat.
Dari Anas ra, Rasulullah bersabda:
“Sesungguhnya aku hendak mengerjakan shalat dan berniat memanjangkan bacaan, lalu aku mendengar tangisan anak kecil, maka aku pendekkan shalatku itu karena saya tahu betapa gelisahnya perasaan ibunya akan tangisan anaknya itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Rasulullah Shallallau Alaihi wa Sallam pernah mencium Hasan bin Ali ra. sedang disamping beliau ada Aqra bin Habis At-Tamimi, lalu Aqra’ berkata, “Sesungguhnya aku mempunyai sepuluh anak, tapi tak satupun yang pernah aku cium” Rasulullah Shallallau Alaihi wa Sallam melihatnya seraya berkata, “Barang siapa yang tidak menyayangi, maka tidak akan disayangi,” (HR Bukhari dan Muslim)

Pada saat Umar bin Khattab ra hendak mengangkat seseorang jadi pemimpin bagi kaum muslimin, beliau mendengar ucapan Aqra’ yang berkata, “Sesungguhnya dia tidak pernah mencium anaknya.” Lalu Umar pun membatalkan pengangkatannya seraya berkata, “Jika dirimu tidak menyayangi anak-anakmu, lalu bagaimana mungkin kamu akan menyayangi orang lain?, Demi Allah aku tidak akan mengangkatmu menjadi pemimpin," seraya merobek buku pengangkatan yang sudah disiapkan.

Wilayah kasih sayang Rasulullah Shallallau Alaihi wa Sallam telah meluas keseluruh jiwa kaum muslimin dan muslimat, dimana beliau tidak hanya membatasi kasih sayang hanya pada manusia saja, tetapi juga mencakup kasih sayang kepada binatang, seperti yang dikisahkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah bersabda:

"Ketika seorang laki-laki sedang berjalan, dia merasakan kehausan yang sangat, lalu dia turun ke sumur dan minum. Ketika dia keluar, ternyata ada seekor anjing sedang menjulurkan lidah tanda kehausan. Dia berkata, 'Anjing ini kehausan seperti diriku.' Maka dia mengisi terumpahnya dengan air, kemudian air itu diberikannya kepada anjing itu sampai kenyang. Allah mensyukurinyaa dan mengampuninya." Para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, apakah kita bisa meraih pahala atas kasih sayang yang diberikan kepada binatang?" Beliau menjawab, "Pada setiap hati yang basah terdapat pahala." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari beberapa contoh cerita diatas Rasulullah
Shallallahu Alaihi wa Sallam selalu menanamkan pada diri kaum muslim suatu rasa kasih sayang yang mendalam, kepada sesama manusia, kepada alam maupun kepada binatang sekalipun, maka apabila manusia mempunyai rasa kasih sayang kepada binatang maka dia akan mempunyai kasih sayang yang lebih kepada sesama manusia. Rasulullah shallallahu Alaihi wa Sallam adalah symbol kasih sayang dan perdamaian bagi umat manusia, maka tidak ada alasan bagi kita tidak meneladaninya. Dan terakhir saya petikkan sebuah hadist Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam yang sangat agung:
“Sayangilah orang yang ada di bumi ini, niscaya engkau akan diberikan rahmat kasih sayang dari langit (Allah),” (HR Imam Thabrani)

Bagaimana dengan kita yang mengaku sebagai umat Rasulullah..?

Alhamdulillah

31 comments

September 26, 2011 at 10:20 PM

Apa lagi menyayangi anak yatimkan kang :)

sayangilah orangtua,saudara,teman,sahabat,calon menantu orang tua juga tentunya :D
dengan cara yang di ridohi Allah :D

September 26, 2011 at 10:36 PM

Saya setuju banget Mas Insan.. saat ini barangkali rasa kasih telah pudar seiring dengan merajalelanya kekesaran, harusnya semua orang membaca postingan ini.. agar aura kasih sayang memancar ke seluruh penjuru kehidupan...

Salam damai penuh kasih... ^_^

September 26, 2011 at 11:08 PM

gak salah, ajaran islam penuh dengan kasih sayang dan toleransi, rohmatan lil'alamin..

enak juga templatenya ringan :D gak bikin kapok

September 26, 2011 at 11:18 PM

@uchank:
iya kang... menyayangi sesama dengan baik dan benar
baik dalam niatan, benar sesuai yg dicontohkan Rasulullah..

September 26, 2011 at 11:24 PM

@Tatie:
saya sungguh prihaatin dengan fenomena dilapangan, karena atribut partai dan golongan rela menghalalkan darah saudara semuslim...

mari mencintai seama karena Allah, kalaupun harus membenci karena Allahpun membencinya...

September 26, 2011 at 11:27 PM

@Andy Online:
betul kang Andy, Islam agama yg cinta damai, Rahmatan lil Alamin....

semoga makin betah mampir disini...

September 27, 2011 at 12:30 AM

semoga jiwa2 ini dipenuhi dg kasih. Aamiin...

salam
makara for healthy life
http://makara393.blogspot.com

September 27, 2011 at 8:01 AM

Mari kita selalu saling menyayangi!,
Khususnya para bloofers mari kita sayang-sayangan :DDD Insya Allah kita selalu disayangi Dzat Yang Maha Penyayang, aaaaamiin..

http://yudhimovic.blogspot.com

September 27, 2011 at 4:14 PM

Boleh jujur ga? Postinganmu mengingatkanku sama guruku 2004 silam. Beliau selalu menyelipkan dalam setiap ceramahnya "Cintailah Allah, maka yang dibumi akan datang merunduk kepadamu". Pun sama, menyayangi apa yang ada di bumi dengan bersandar kepadaNya, maka Dia akan lebih mencintaimu. Oh, cinta dan kasih sayang sangat selaras. Aku suka postinganmu kawan. Selamat sore ^__^

September 27, 2011 at 7:58 PM

@Anita L. Dewi, S.Gz
Amin ya Rabbal alamin...
saya sudah meluncur ke blognya
very2 nice blog...

Salam...

September 27, 2011 at 8:02 PM

@Yudhi E. Putranto
setuju mas Yudhi, Bloofer komunitas pecinta damai
pecinta kebersamaan dan persaudaraan

salam damai

September 27, 2011 at 8:10 PM

silahkan jujur mas..., malah dianjurkan... hahahahaha

“Sayangilah makhluk yang di bumi, maka Dzat yang ada di langit akan menyayangimu”

itu memang hadist sangat populer, yang menunjukkan Islam sbg Rahmatan lil alamin..

terimakasih sdh mampir...

September 27, 2011 at 10:17 PM

saling menyayangi itu indah :)
karena Allah Maha Pencipta Cinta.
andaikan semua manusia tau, bahwa menyayangi itu sebuah hal yang luar biasa pasti damai akan selalu dirasa, ga ada saling benci antar sesama umat manusia..
postingan yang bermanfaat sekali mas, terutama pemaparan ayat2nya :)

September 28, 2011 at 12:25 AM

@Irma Devi Santika:
Insya Allah semua orang punya rasa kasih sayang, tapi tdk banyak orang yang bisa mengalahkan hawa nafsu dan bujukan setan, sehingga tidak tahu bgmn menerapkan kasih sayang.

September 28, 2011 at 2:39 PM

Sebagian besar bencana yang terjadi di bumi ini adalah ulah manusia. Ulah mereka yang negatif terhadap alam mencerminkan bahwa tak ada rasa kasih sayang sehingga alam pun memperlihatkan hasilnya kepada manusia.

September 28, 2011 at 8:30 PM

belajar lagi :')

berkunjung balik yaah :D

September 28, 2011 at 10:40 PM

Super sekali kang artikelnya,,,
Semoga kita semua tidak termasuk orang-orang celaka yang dicabut rasa kasih sayangnya.

September 29, 2011 at 10:49 AM

Maaf ya mas, saya gag begitu paham dengan bahasa "terumpah" pada hadits rasul diatas..bisa dijelaskan lagi..

September 29, 2011 at 12:53 PM

setuju banget... di dalam islam sangat di anjurkan sekali saling menyayangi.. tapi untuk sekarang ini kenyataannya banyak orng yang saling bersumusahan dan saling menyakiti dibandingkan dengan mengasihi...

September 29, 2011 at 3:34 PM

@HALAMAN PUTIH:
jadi tepat sekali hadist
“Sayangilah makhluk yang di bumi, maka Dzat yang ada di langit akan menyayangimu”

September 29, 2011 at 3:35 PM

@Ervina Lutfi
terima kasih kunjungannya
kunjungan balik sdh dilakukan

September 29, 2011 at 3:38 PM

@Algo Wijaya:
Amin....
salam super juga, sukses untuk
http://algoblogs.blogspot.com

September 29, 2011 at 3:39 PM

@Kopiah Putih:
Terumpah untuk sekarang bisa dikiaskan dengan sepatu

September 29, 2011 at 3:41 PM

@Recha Seprina:
Islam Adalah agam yg damai, mengedepankan musyawarah,
kalaupun ada orang islam yg suka bermusuhan, mungkin dia blm sadar dengan khakekatnya sbg muslim

September 30, 2011 at 10:41 AM

Kadang rasa sayang dihalangi oleg penyakit-penyakit hati..
jadi selalulah menjaga hati, insyallah rasa sayang selalu menyertai ^^

#nice sharing. salam persaudaraan ^^

September 30, 2011 at 5:28 PM

persaudaraan dalam Islam ibarat satu tubuh, ketika salah satu bahagian tubuh merasakan sakit, maka seluruh tubuh akan ikut merasa tersakiti.
sesungguhnya Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang, dan benar adanya apabila Sesama hamba Allah saling melimpahkan kasih sayang karena cinta kepada-NYA, maka Allah SWT akan melimpahkan Kasih Sayang-NYA kepada hamba-NYA tersebut.
:) artikel yang sangat menarik hati dan mengingatkan diri akan rasa kasih dan sayang sesama yang terkadang menjadi kabur karena duniawi...terimakasih sahabat sudah berbagi...salam

September 30, 2011 at 10:40 PM

Alangkah indahnya, bila kita saling menyayangi .. :-)

February 6, 2013 at 2:30 PM

karena di dunia ini kita harus saling menyayangi..

Anonymous
April 9, 2013 at 11:18 AM

bole minta hadisnya ? itu kan yg ada cuma artinya aja
bls

September 4, 2013 at 2:14 PM

jangan lah kita berucap buruk terhadap ciptaan yang ada di bumi ini

April 30, 2017 at 2:10 PM

kang izin share yaa, semoga bermanfaat untuk seluruh umat. Aamiin

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes