Monday, July 8, 2013

Hikmah Di Balik Berpuasa

Mungkin sudah banyak artikel yang membahas tentang hikmah dan manfaat puasa yang sudah dibaca oleh Sahabat Robbani, tapi tidak ada salahnya jika Media Robbani menyajikan lagi artikel serupa disini, semoga bisa me-refresh ingatan kita serta memantabkan dalam menjalankan ibadah puasa.

Sebelum membahas hikmah dan manfaat berpuasa ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang definisi puasa. Dari segi bahasa Puasa berarti menahan (imsak) dan mencegah (kaff) dari sesuatu. Misalkan dikatakan "shama 'anil-kalam", artinya menahan dari berbicara. yang maksudnya diam dan menahan diri dari berbicara. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

"Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini" (Terjemah QS. Maryam : 29)

Adapun menurut syara' puasa berarti menahan diri dari hal-hal yang membatalkan niat yang dilakukan oleh orang yang bersangkutan pada siang hari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Dengan kata lain puasa adalah menahan diri dari perbuatan dua macam syahwat yaitu syahwat perut dan syahwat kemaluan.

Cahaya Ramadhan

HIKMAH DAN MANFAAT PUASA
Jika dijabarkan secara keseluruhan manfaat puasa tentunya banyak sekali, baik yang bersifat spiritual maupun yang bersifat material. Di artikel ini saya mencoba mengambil point-point yang pentingnya saja.

Puasa utamanya merupakan suatu bentuk ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Seorang mukmin dengan puasanya akan diberi pahala yang luas tak terbatas sebab puasa hanya diperuntukkan bagi Allah yang maha pemurah. Dengan puasa kita memperoleh ridha-Nya dan berhak masuk pintu surga dari pintu khusus yang hanya disediakan bagi orang-orang yang berpuasa yaitu Ar-Rayyan.

Puasa juga menjauhkan dari siksaan yang disebabkan oleh kemaksiatan yang dilakukan oleh sang hamba. Puasa merupakan tebusan atau kafarat bagi dosa dari satu tahun ke tahun berikutnya. Dengan ketaatan urusan seorang Mukmin akan berdiri tegak diatas kebenaran yang disyariatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, karena puasa bisa merealisasikan ketakwaan, yakni yakni menjalankan perintah Allah dan menjauhkan diri dari yang dilarang-Nya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (Terjemahan QS. Al Baqarah : 183)

Puasa merupakan tempat melatih moralitas yang besar dan dapat dijadikan sarana latihan untuk menempa berbagai macam sifat terpuji. Puasa adalah jihad melawan hawa nafsu, menangkal godaan-godaan dan rayuan syetan yang terkadang terlintas dalam pikiran. Puasa bisa membiasakan seseorang bersikap sabar terhadap hal-hal yang diharamkan, penderitaan dan kesulitan yang kadang muncul dihadapan. Pada saat kita menghadapi hidangan dan makanan lezat dihadapan dengan bau yang menyeruak sampai ke perut atau saat melihat air segar yang menari-nari di depan mata, maka pada saat itu kita akan menahan diri dari semuanya dan menunggu sampai waktu yang diizinkan tiba.

Puasa mendidik seseorang untuk bersikap jujur dan merasa diawasi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, baik dalam kesendirian maupun dalam keramaian, karena pada saat itu tidak seorangpun yang mengawasi orang yang berpuasa kecuali Allah Subhanahu wa Ta'ala. Hal ini sangat bagus diterapkan dan ditekankan pada masyarakat yang mulai terdegradasi dalam moralitas sehingga mampu meminimalkan tindak kecurangan baik secara sendiri-sendiri atau secara bersama.

Puasa dapat menguatkan kemauan, mempertajam kehendak, mendidik kesabaran, membantu kejernihan akal, menyelamatkan pikiran dan mengilhami ide-ide yang cemerlang. Hal itu bisa terjadi ketika orang berpuasa melewati fase melapangkan hidup serta melupakan kesenangan dan kenikmatan hidup yang kadang-kadang terlintas secara tiba-tiba. Luqmanul Hakim  berkata kepada anaknya:

"Wahai anakku, jika perut terisi penuh, pikiran akan tertidur, hikmah tidak akan muncul dan anggota tubuh akan malas untuk beribadah" 

Puasa mengajarkan sikap disiplin dan ketepatan, karena puasa menuntut orang yang berpuasa untuk makan dan minum pada waktu yang telah ditentukan. Puasa dapat menimbulkan solidaritas di kalangan umat Islam, baik yang berada di timur maupun di barat.  Mereka berpuasa dan berbuka pada satu waktu. Mereka melakukan karena Tuhan mereka satu dan ibadahpun padu.

Puasa dapat menimbulkan naluri kasih sayang, ukhuwah dan perasaan keterikatan dalam tolong menolong yang dapat menjalin rasa persaudaraan sesama umat Islam. Kebersamaan menghadapi rasa lapar dan perlu makanan, dengan puasa bisa mendorong seseorang untuk bersilaturahmi dengan sesama serta ikut berperan dalam mengatasi bahaya kemiskinan, kelaparan dan wabah penyakit. Hal itu semakin jelas menguatkan ikatan sosial antar sesama manusia yang akan membangkitkan rasa saling membantu dalam memberantas penyakit-penyakit masyarakat. Baik penyakit secara medis atau penyakit hati.

Puasa secara praktis memperbarui kehidupan manusia yaitu dengan membuang makanan yang lama mengendap dan menggantinya dengan yang baru, mengistirahatkan perut dan alat-alat pencernaan, memelihara tubuh, membersihkan sisa-sisa makanan yang mengendap tak tercerna serta menghilangkan bau busuk yang disebabkan makanan dan minuman, Rasulullah bersabda: "Berpuasalah, niscaya kalian sehat" 

Berpuasa adalah perjuangan mengekang hawa nafsu serta membebaskan diri dari cengkraman dosa dunia. Puasa bisa mengendalikan kenakalan dan liarnya hawa nafsu, mendidiknya dan mendisiplikan dalam hal makanan dan minuman. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah

"Wahai segenap pemuda, barangsiapa yang mampu memikul beban keluarga hendaklah kawin. Sesungguhnya perkawinan itu lebih dapat meredam gejolak mata dan nafsu seksual, tapi barangsiapa yang belum mampu hendaklah dia berpuasa karena (puasa itu) benteng (penjagaan) baginya." (HR. Bukhari)

Demikian sedikit tentang hikmah dan manfaat puasa. Sesungguhnya puasa merupakan rukun agama yang paling besar dan komplek dan dalam aturan syara' yang paling kokoh. Dengan puasa nafsu bisa dikendalikan. Puasa terdiri dari perbuatan-perbuatan hati serta menghindarkan dari makan dan minum serta bersetubuh di siang hari. Puasa merupakan ibadah sebagai bentuk ketaatan yang paling baik dan puasa juga merupakan beban yang paling memberatkan bagi nafsu.

Allah didalam firmannya memuji hambanya yang berpuasa yaitu:

"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mu'min, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam keta'atannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa..." (Terjemahan QS. Al Ahzab : 35)

~0Oo~


Atas nama Pribadi dan Admin Media Robbani mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1434 H. Semoga kita mampu menjalankan ibadah dengan baik dan benar dan menjadi mu'min yang paripurna.  Aamiin.



"Mohon maaf lahir bathin atas kesalahan baik dalam lisan maupun tulisan"




21 comments

July 8, 2013 at 5:23 AM

Saling mendoakan semoga Ramadhan ini membawa kita kepada ketenangan lahir batin yang hakiki. Semoga hikmah Ramadhan membawa keberkahan buat diri kita dan keluarga.

July 8, 2013 at 5:32 AM

Subhannalloh maturnuwun ilmunya om insan.. smoga kita menjadi insan yang Muttaqin aamiin,.
"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur" (terjemahan; Al Baqarah;185)

July 8, 2013 at 6:13 AM

semoga ibadah puasa Ramadhan kali ini lebih baik dari tahun sebelumnya,
selamat menyambut bulan suci Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin...salam :-)

July 8, 2013 at 2:02 PM

Begitu banyak hikmah puasa ya, Om. Dan yang paling utama ya menahan syahwat itu. :)

Mohon maaf lahir dan Bathin juga ya, Om. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan kampuan untuk menjalankan ibadah puasa wajib ini. :)

July 8, 2013 at 3:19 PM

Maaf lahir batin juga ya Mas Insan, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan

July 8, 2013 at 10:53 PM

Begitu banyak hikmah berpuasa, sebagian orang mungkin tak mengetahui hal-hal di atas... semoga ibadah kita selama romadhon lancar dan diterima Allah Ta'ala..
Aamiiiin..

Selamat menjalankan puasa pula ^^

July 9, 2013 at 2:04 AM

tentang hikmah... setiap diri mngkin akan menemukan hikmah yang beragam di balik berpuasa ini. apa yg terangkum disini adalah hikmah luar biasa, bagi saya insya Allah menjadi pelajaran berharga...

July 9, 2013 at 4:33 PM

Mohon maaf lahir dan batin,, dan selamat menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhon. Semoga kita selalu diberikan kelancaran dan kebarokahan. Amiiiiin......

Salam wisata

July 9, 2013 at 9:07 PM

Met puasa ya :)

July 10, 2013 at 10:55 AM

Terimakasih. Postingan yang sangat bermanfaat. Semoga kita dapat memaknai setiap hikmah dari berpuasa.

Selamat menunaikan ibadah puasa...
Mohon maaf atas kesalahan... ^__^

July 10, 2013 at 12:13 PM

@Niken KusumowardhaniAamiin...
Doa dan harapan serupa untuk mbak Niken sekeluarga

July 10, 2013 at 12:15 PM

@TopicsWah terimakasih sudah makin melengkapi artikel ini

July 10, 2013 at 12:16 PM

@BlogS Of HariyantoAamiin...
Selamat menunaikan ibadah Ramadhan, Barakallahu...

July 10, 2013 at 12:19 PM

@Idah Cerisyups...
Selamat menunaikan ibadah Ramadhan, maafkan juga segala khilaf

July 10, 2013 at 12:19 PM

@Lidya - Mama Cal-VinSama2 mbak
Selamat menunaikan ibadah Ramadhan, maafkan juga segala khilaf

July 10, 2013 at 12:24 PM

@Wahyu AlfiansyahAamiin...
Jika Orang menyadari hikmah puasa insya Allah akan suka cita menjalankan

July 10, 2013 at 12:25 PM

@Zeal*LiyanfuryAlhamdulillah ya Liyan, moga setelah ini bisa meningkatkan kwalitas puasa kita.

July 10, 2013 at 12:27 PM

@Ejawantah WisataTerimakasih kang Indra, Selamat menunaikan ibadah Ramadhan, maafkan juga segala khilaf

July 10, 2013 at 12:28 PM

@duniaelyMet berpuasa juga

July 10, 2013 at 12:32 PM

@Nayla DyayuTerimakasih juga sudah berkunjung

Selamat menunaikan ibadah Ramadhan, maafkan juga segala khilaf

July 13, 2013 at 12:17 PM

Saya juga mengucapkan selamat menjalankan puasa, semoga segala aml kita diterima Alloh SWT dan kita bisa menjadi manusia yang lebih baik.

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes