Saturday, December 22, 2012

Ada Ibu Dibalik Kesuksesan


Bahaz Ibnu Hakim, dari ayahnya, dari kakeknya Radliyallaahu ‘anhu berkata: Aku bertanya: Wahai Rasulullah, kepada siapa aku berbuat kebaikan?. Beliau bersabda: “Ibumu.” Aku bertanya lagi: Kemudian siapa?. Beliau bersabda: “Ibumu.” Aku bertanya lagi: Kemudian siapa?. Beliau bersabda: “Ibumu.” Aku bertanya lagi: Kemudian siapa?. Beliau bersabda: “Ayahmu, lalu yang lebih dekat, kemudian yang lebih dekat.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

Dari keterangan diatas menunjukkan betapa Ibu sangat agung dalam pandangan Islam. Ada yang mengatakan bahwa peran wanita khususnya ibu sangat dekat dengan kesuksesan juga kegagalan, artinya seorang wanita dan ibu mempunyai peran central dalam kesuksesan atau kegagalan pada orang-orang yang didekatnya. Bahkan suatu negara akan berdiri tegak apabila dibelakangnya ada peran ibu yang baik. Ada beberapa contoh pemimpin-pemimpin besar yang tidak lepas dari perhatian dan kasih sayang serta didikan dari seorang ibu yang baik.


Ali Bin Abi Thalib ra.
Amirul Mukminin Abul Hasan bin Abi Thalib ra. telah dididik oleh dua wanita hebat yang dihatinya penuh hikmah, penuh dengan keluhuran budi dan perangai mulia. Dipagi hari beliau dididik oleh ibunya Fatimah binti Asad sedang disore hari beliau dididik oleh Ummul mukminin Khadijah binti Khuwailid ra.

Mu'awiyah bin Abi Sufyan
Amirul Mukminin yang cerdas akal pikirannnya dikalangan bangsa Arab. Dibalik kecerdasan Mu'awiyah bin Abi Sufyan ra. Dibelakangnya ada  seorang ibu yang agung yaitu Hindun binti Utbah ra.  Pernah dikatakan oleh Hindun binti Utbah ketika Mu'awiyah bin Abi Sufyan masih kecil bahwa jika Mu'awiyah hidup lama niscaya akan menjadi pemimpin bangsa. Hindun juga berkata "Beruntunglah bila ia dapat menjadi pemimpin kaumnya" dan jika Mu'awiyah diajak diskusi tentu ia akan menisbatkan hal itu kepada ibunya sehingga mampu membuat getar pendengaran lawannya dengan ucapan "Aku adalah anak Hindun"

Abdullah Ibnuz-Zubair ra
Dibelakang Abdullah Ibnuz-Zubair ra adalah seorang ibu yang pemberani yaitu Asma binti Abu Bakar ash Shiddiq ra. Ketika diberitahukan tentang kematian (terbunuhnya) putranya Abdullah, ia mengatakan "Apa yang bisa menghalangiku sedangkan kepala Yahya bin Zakaria telah dihadiahkan oleh seorang pelacur dari para pelacur bani Israel"
Asma juga pernah mengatakan sebelumnya ketika anaknya Abdullah Ibnuz-Zubair meminta pendapatnya untuk bertempur melawan Tirani Al-Hajjaj, "Demi Allah, pergilah, sekali pukulan dengan pedang karena membela kebenaran lebih mulia daripada pukulan dengan cemeti karena membela kehinaan"

Abu Hafsh Umar bin Abdul Aziz
Amirul Mukminin, raja yang paling adil, yang paling wara' dan yang paling zuhud yaitu Abu Hafsh Umar bin Abdul Aziz Rahimatullah. Dibalik kebaikan akhlaknya ada seorang ibu yang bernama Ummu Ashim binti Ashim bin Ummar ibnul Khaththab, yaitu wanita yang paling sempurna budi pekertinya dan yang paling mulia perangainya diantara para wanita yang hidup semasanya.

Abdul Malik bin Umar bin Abdul Aziz
Abdul Malik bin Umar bin Abdul Aziz adalah seorang pemuda yang telah sempurna kewibawaannya dan piawai dalam kepemimpinannya. Ia adalah seorang pemuda yang patut diteladani dalam hal keilmuan, keberananian, kezuhudan dan ibadahnya kendati ia wafat diusia muda 19 tahun. Dan dibelakang kesuksesananya ada seorang ayah yang zuhud  yaitu Umar bin Abdul Aziz dan ibu yang bernama Fatimah binti Abdul Malik bin Marwan.

Sufyan ats-Tsauri
Tahukah siapa Sufyan ats-Tsauri? Ia adalah seorang pakar fikh dikalangan bangsa Arab juga seorang pakar hadist dan salah satu dari enam madzab yang diikuti. Ia adalah Amirul Mukminin dalam bidang hadist. Ilmu pengetahuannya yang tinggi. Gelar pakar yang dimiliki adalah buah dari ibu yang shalehah. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dengan sanandnya dari  Waki, ia berkata"Ibu Sufyan pernah berkata kepada Sufyan, 'Wahai anakku, carilah ilmu, saya cukupi biayamudengan menjual barang hasil tenunanku"
Oleh karena itu Ibu Sufyan Rahimahallah bekerja keras demi membiayai anaknya. Dengan demikian Sufyan bisa berkonsentrasi menimba ilmu sedangkan ibunya senantiasa memberi wejangan kepada Sufyan.

Muhammad bin Idris asy-Syafi'i
Muhammad bin Idris asy-Syafi'i atau yang lebih dikenal dengan Imam Syafi'i adalah seorang pakar imam, pakar fikh serta orang yang sangat cerdas. Semua pakar hikmah (filasafah) dan sastra Arab menghormatinya. Ilmunya telah dipergunakan oleh umat muslim seantero dunia. Kepakaran dan kecerdasannya adalah buah dari seorang ibu yang agung. Saat Ayahnya meninggal dunia, ia masih didalam kandungan. Ia dirawat ibunya dengan penuh perhatian sehingga hikmah yang dimiliki memancar pada diri Imam Syafi'i. Memang ibunya berasal dari suku Al-Azd yang terkenal dengan kecerdasannya. 


Dan tentunya masih banyak lagi para pemimpin dan orang sukses dibidangnya yang dibalik kesuksesannya ada seorang ibu yang luar biasa penuh kasih sayang dan penuh perhatian. Aku percaya bahkan yakin Ibu kita adalah sosok yang tidak tergantikan. Kasih sayang dan cintanya akan selalu ada sampai akhir hayatnya. Maka sangat pantas jika Islam memposisikan seorang ibu sebagai orang yang harus dijaga dirawat dan dihormati.

"Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia" (QS. Al Israa : 23)

Pada moment ditanggal 22 Desember yang bertepatan dengan hari IBU, maka kiranya tidak berlebihan jika tulisan ini aku dedikasikan untuk Almarhumah Ibuku, untuk Istri tercinta juga untuk para Ibu-ibu semuanya. Bagiku mereka adalah sosok yang luar biasa karena dibalik kelembutannya tersimpan kekuatan dan ketangguhan. Bahkan bisa melebihi ketangguhan dari seorang pria. 



 
Daftar Pustaka:
Kesalahan Mendidik Anak
Muhammad Al-Hamd 
sumber gambar

36 comments

December 22, 2012 at 4:37 AM

benar sekali. orang-orang yang hebat ternyata lahir dari rahim para ibu yang hebat pula. Islam benar-benar memberi penghargaan dan kedudukan tinggi terhadap seorang ibu, sampai-sampai surgapun dinyanakan dibawah telapak kakinya dan 'syahid' adalah gelarnya jika ia meninggal saat berjuang melahirkan sang anak.
ibu, ibu, ibu....
selamat hari ibu: 22-12-12 :)

December 22, 2012 at 5:34 AM

Ibu, membahas tentannya tak akan ada habisnya,
Memikirkan tentangnya membuat selalu ingin dekat dengannya,,

Bahkan dibalik kesuksesan sebuah usaha ada Ibu dibelakangnya...

Semoga Ibu Cak Insan dialam Barzah sana berbahagia selalu,,,

Selamat Hari Ibu . . .

December 22, 2012 at 6:44 AM

Semoga Allah membalas kebaikan dan amal ibadah ibu kita aamiin...

Terima kasih ibu telah merawat dan mendidik anakmu ini sampai sekarang ini. Maafkan saya yang belum bisa membalas kebaikan-kebaikan ibu.
Aku Sayang Ibu

December 22, 2012 at 7:55 AM

Kisah2 yang bisa dijadikan teladan. Bahwa bila mencintai ibu karena Allah, maka akan mendapat kemuliaan dunia akhirat.

December 22, 2012 at 8:27 AM

Luar biasa utk ibunda kita, lebih tepat kalo ibu disebut-sebut sebagai "wanita paling setia"

meskipun kita udah dewasa...meskipun udah hidup mandiri, ibunda kita selalu memikirkan kita, peduli ama kita......

Selamat hari ibu, cintailah ibu kita, dengan sepenuh cinta... Karena Rasul saja menyebut 3 kali nama ibu sebagai orang yang patut kita hormati....

December 22, 2012 at 8:41 AM

buat calon ibu mana? hihi :D #calonIbu

December 22, 2012 at 12:49 PM

@Zeal*LiyanfuryItulah hebatnya Islam, begitu menghormati keberadaan wanita, sementara ironisnya banyak muslimah yang menggembar-gemborkan masalah emansipasi, padahal wanita justru diutamakan di Islam

December 22, 2012 at 12:53 PM

@SofyanAamiin...
matur nuwun kang untuk doanya...
Semoga Ma'e selalu diparingi seger kuwarasan yo kang..

December 22, 2012 at 12:54 PM

@Ferry NurseSama mas Ferry..., kita semua selalu sayang sama ibu, karena Ibu sosok yang tidak tergantikan

December 22, 2012 at 12:58 PM

@TuanBetul sekali..., ibu selalu menganggap kita tetap seperti anak kecil, kendati kita sudah merasa sdh dewasa...

December 22, 2012 at 1:04 PM

@jiah al jafaraCalon ibu? islam kan menjunjung tinggi harkat dan martabat wanita..

December 22, 2012 at 1:05 PM

@Niken KusumowardhaniSetuju mbak siapa yang menabur benih akan menuai padi, siapa yang menabur angin akan menuai badai..

December 22, 2012 at 1:13 PM

nasihat yang luar biasa jangalah kita berkata ahh atau menghardik ibu karena ibu kita bisa menjalani hidup ini diduniadan dibalik ridhonya ibu disitu ada ridhonya Allah jika kita ingin berusaha untuk hidup dan memulai usaha yang paling utama kita harus meminta do'a dan restu beliau karena dibalik kesuksesan itu ada pada ibu kita

December 22, 2012 at 3:43 PM

dibalik pria hebat ada wanita yang juga hebat.

selamat hari Ibu buat para Ibu dan calon ibu sedunia..

salam

December 22, 2012 at 6:42 PM

saya sangat setuju, Om.
Ibu adalah seorang pahlawan berjiwa besar, penuh kikhlasan yang tampil dibelakang kita. Doa dan motivasi dari seorang ibu lebih greget. :)

Selamat hari ibu untuk istrinya om insan. :)

December 22, 2012 at 8:41 PM

selamat hari Ibu jg utk istriny mas Insan..dan teriring doa utk almarhumah.

December 22, 2012 at 11:34 PM

Ibu adalah sosok luar biasa dalam setiap kisah hidup anak manusia. Terima kasih untuk tulisan indahnya, mas ....

December 23, 2012 at 12:12 AM

@opickazaBetul mas opick...
jangankan kita membantah apalagi durhaka, sedang berkata aah aja dilarang Allah, sebagai pertanda orang tua terutama Ibu sangat dimuliakan

December 23, 2012 at 12:12 AM

@LAdangdutersSalam kenal Mas..
terimakasih kunjungannya

December 23, 2012 at 12:13 AM

@Idah Ceriswah terimakasih Idah, selamat hari ibu juga buat idah yang calon ibu

December 23, 2012 at 12:14 AM

@mimi RaDiAlterimakasih mbak Arie.. #terharu..
selamat hari Ibu ya mbak..

December 23, 2012 at 12:15 AM

@Titie SuryaSetuju mbak...
terimakasih atas kunjungannya, jadi tersanjung mbak

December 23, 2012 at 10:16 AM

Ibu adalah orang paling berharga dikehidupan kita...semoga kita bisa membalas jasanya walau g akan pernah cukup.

December 24, 2012 at 9:22 AM

Ibu memang berpengaruh luar biasa kepada anak2nya. Subhanallah ...

December 24, 2012 at 1:32 PM

Dengan demikian, pantas saja Ibnu Abbas r.a. pernah mengatakan, “Aku tidak mengetahui amalan yang paling mendekatkan diri kepada Allah ta’ala selain berbakti kepada ibu.”

December 24, 2012 at 9:54 PM

MasyaAllah, inilah yang dikatakan di balik kesuksesan seseorang, ada ibu yang paling berjasa! Love Mom!

December 25, 2012 at 5:52 PM

Luar biasa tulisan ini menambah wawasanku tentang para tokoh diatas, mereka didampingi para ibu yg sangat luar biasa..

terima kasih mas insan, aku juga seorang ibu catatan ini akan membuat ku belajar menjadi ibu yg lebih baik, amin :)

December 25, 2012 at 8:19 PM

@Urang KampungAamiin, seberapapun pengorbanan kita blm bisa membalas kebaikan seorang Ibu

December 25, 2012 at 8:19 PM

@MugniarSetuju mbak, makanya tidak salah jika Islam sangat memuliakan sosok ibu

December 25, 2012 at 8:20 PM

@Akhmad Muhaimin AzzetSubhanallah, terimakasih Pak Azzet sudah menambahkan

December 25, 2012 at 8:21 PM

@Nurmayanti ZainDan saya percaya Maya insya Allah nanti calon ibu yang baik

December 25, 2012 at 8:22 PM

@IrmaSenjaInsya Allah, sejauh ini saya menangkap Adik Irma adalah seorang ibu yang lemah lembut kok

December 26, 2012 at 4:42 PM

selalu ada peran ibu ya didalam perjalanan anaknya

December 28, 2012 at 3:48 PM

@Lidya - Mama Cal-VinBetul mbak, Seorang ibu memang luar biasa dan tak tergantikan

February 19, 2013 at 1:17 AM

ummi..........ummi.............dengan doa dan didikan ibu lah kita dapat mengapai kesuksessan. salam kenal

September 4, 2013 at 1:57 PM

ibu lah memang segalanya :")

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes