Sunday, December 16, 2012

Memohon Yang Baik


Memohonlah yang disukai Allah

"Sebaik-baiknya permohonan yang patut disampaikan kepada Allah, adalah semua yang diperintahkan Allah untuk dikerjakan"


Bismillahirrahmairrahiim
Jika ada yang patut diminta kepada Allah sebagai hamba, maka yang paling patut diminta adalah mengharapkan kepada Allah agar meneguhkan iman dan keyakinan dengan kemantaban hati (istiqomah) terhadap ajaran Islam dengan persembahan ibadah. Itulah yang paling baik dan paling diutamakan bagi hamba yang memohon kepada Allah.

Permohonan istiqomah dalam Islam itu sudah termasuk kepentingan dunia dan akhirat. Kita lebih baik meminta kepada Allah atas hal-hal yang dituntut untuk dikerjakan oleh hamba, seperti khusyu' dalam sholat, menjaga ukhuwah atau termasuk perintah jihad dalam Islam baik untuk kepentingan dunia maupun akhirat. Itu lebih baik daripada meminta sesuatu yang kita senangi tetapi Allah tidak menyukai.

Memohon kepada Allah adalah harapan seorang hamba dalam bentuk doa dan usaha yang sesuai dengan perintah Allah dan sunnah Rasul. Akan sangat baik apabila seorang hamba memohon kepada Allah agar selalu mentaati-Nya, melaksanakan ibadah tanpa halangan, agar Allah memudahkan segala yang berkaitan dengan urusan Islam dan umat Islam.

Demikian juga memohon kepada Allah agar terlepas dan  tergelincir dari maksiat dan dosa, serta diberi kekuatan untuk melaksanakan semua ketaatan. Memohon pula agar selalu dalam keadaan zikir dan selalu berada dalam suasana tentram dalam mengingat kepada Allah Ta'ala




Daftar Pustaka:
Kitab Al Hikam
Syekh Akhmad Athailah


32 comments

December 16, 2012 at 12:50 PM

Pernah dengar juga dengan tema yang sama, di At-Tibyan. :)
Mari beribadah dan memohon yang baik2 kepada Alloh, Om. :)

December 16, 2012 at 12:50 PM

Papa saya bilang, minta apapun nak pada Allah...apapun, tapi tentu saja permohonan dan doa yg tidak melukai siapapun, doa yang tdk keluar dari ajaranNya.

Inspiratif sekali mas Insan, mengingatku pd petuah seorang papa :)

December 16, 2012 at 1:19 PM

assalamualaikum..bang insan robbani.kalo ane seneng doa "Robbana hablana min azwajina, wa dzurriyatinna qurrota'ayyun waj'alna lil muttaqina imama.." heheheehe

December 16, 2012 at 2:02 PM

ada yg bilang yah msalah do'a bahwa tidak boleh memnta untuk mendoakan anaknya bla2, kok aneh waktu itu aku denger. ternyta setiap orang punya cara tersendiri menanggapinya. tapi permntaan yg baik adalah yang bisa kita pikirkan masuk akal apa tidak?

Krna berdoa tidak boleh mengeluh bahkan memnta yang tidak mungkin terjadi. Yakni spti berdoa tanpa usaha :D

December 16, 2012 at 2:57 PM

doa yang baik dan berprasangka baik kepada Allah ya mas

December 16, 2012 at 3:35 PM

@Idah CerisUtamakan memohon yang baik dan yang diperlukan untuk kemaslahatan

December 16, 2012 at 3:36 PM

@IrmaSenjawah keren petuah papanya, setuju banget..

makasih udah berkunjung

December 16, 2012 at 3:38 PM

@FitriantoWaalaikumsalam mas Fitrianto, doa yang paling dianjurkan adalah doa yg tersurat dalam Al Qur'an dan sunnah Rasul..

bagus mas, saya meng-Aamiin-kan

December 16, 2012 at 3:41 PM

@Annur eL Karimahbukankah Rasulullah menyuruh memberikan nama yang baik, karena nama itu sendiri juga doa, tapi ada juga sih yg berpendapat begitu bahkan kadang doanya dibalik, tapi menurutku itu sebatas kepercayaan pribadi tapi tidak ada hujahnya.

December 16, 2012 at 3:41 PM

@Lidya - Mama Cal-VinBener sekali mbak, sepakat...

December 16, 2012 at 3:46 PM

pernah dengar ceramah yang kutipannya gini mas.. "kalau meminta, mintalah yang besar-besar.. Buat apa meminta Dunia, toh akan ditinggalkan juga, tp mintalah Syurga, jika itu terkabul InsyaAllah Duniapun akan kita peroleh"
makasih sharenya mas.. :)

December 16, 2012 at 3:57 PM

@Andro BhaskaraAh bener juga ya...
Siapa yang meminta dunia, maka yang didapat hanya dunia, tapi siapa yang meminta kenikmatan Akhirat maka duniapun akan mengikuti

December 16, 2012 at 9:28 PM

Mohon agar selalu dijaga qulub kita. Agar tidak dibolak balikkan suasana kalbu kita.

Setuju dengan mas Andro bahwa kita sebaiknya memohon kebahagiaan syurga...



December 16, 2012 at 11:03 PM

segala permohonan itu baik kok, asalkan yang diminta juga baik dan dengan etika yg baik pula

December 17, 2012 at 4:05 AM

benar Kk @Insan. makasih pengingatnya.
kalau minta didoain boleh kan..kaan..???

December 17, 2012 at 8:43 AM

@Niken Kusumowardhanisupaya ditetapkan hati kita selalu istiqomah dalam kebaikan ya mbak

December 17, 2012 at 8:45 AM

@Imam Bollditambah lagi mas, dan sesuai dengan kebutuhan kita

December 17, 2012 at 8:46 AM

@Zeal*LiyanfuryTentu boleh Liyan, atau lebih tepatnya saling mendoakan

December 17, 2012 at 9:25 AM

Semoga Allah jadikan saya pribadi yang soleh. Aamiin

December 17, 2012 at 10:31 AM

Allah mewajibkan kepada kita memohon hidayah, 17 kali sehari.. ini menandakan, betapa penting hidayah itu ada dalam kehidupan kita..
izin save sob, sangat menyentuh..

December 17, 2012 at 11:39 AM

memohon yang paling baik dan memohon secara terus menerus tanpa rasa bosan, semakin sering doa semakin senang Allah

December 17, 2012 at 8:40 PM

@achoey el harisSemoga kang Haris..
ikut meng-Aamiin-kan harapannya

December 17, 2012 at 8:42 PM

@ummulnurienyups Hidayah sangat penting memang, tapi yang penting tetap berjuang dan berusaha biarkan Allah yang memberikan hidayah

December 17, 2012 at 8:42 PM

@rumah buku iqroSetuju..., itulah bedanya makhluk dengan Robb kita

December 18, 2012 at 10:54 AM


Trimakasih untuk Artikel Rohani yang memnguatkan mas :)
Salam kenal juga mas

Dan trimakasih untuk kunjungan nya kemarin ya

salam

December 18, 2012 at 6:58 PM

@eviterimakasih sudah berkunjung disini mbak Evi

December 18, 2012 at 8:35 PM

doa sapu jagad aja, simple dg semua kebaikan :D

December 19, 2012 at 2:26 AM

Ya, semoga doa yg baik oleh org yg baik, dikabulkan oleh Allah.

December 19, 2012 at 12:47 PM

@jiah al jafaraIya sih..., doa untuk kebaikan dunia dan akhirat, tapi tidak ada salahnya kan jika diuraikan lebih spesifik

December 19, 2012 at 12:48 PM

@cahyaAamiin..
terima kasih kunjungannya ya

December 20, 2012 at 10:04 AM

Kalo saya berdoa, tentunya doa-doa yang baik baik untuk diri sendiri, keluarga maupun sesama saudara muslim. Kalo berdoa jelek untuk orang lain kira-kira dikabulkan ndak ya mas? hehe

December 21, 2012 at 3:12 AM

Mungkin meminta untuk diberi rizki yang cukup, lebih baik dibanding meminta untuk jadi orang kaya ya... :)
Semoga kita menjadi hamba yang istiqomah di jalan-Nya...

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes