Wednesday, November 14, 2012

Introspeksi Jiwa


Bismillahirrahmanirrahiim
Untuk mencapai makrifat kepada yang Maha Gaib memang bukan perkara mudah, diperlukan ilmu tentang itu disamping pengalaman ruhani kita sendiri yang terus dilatih secara istiqomah dengan cara berinteraksi secara vertikal kepada Robbnya, baik berupa ibadah sholat, doa, dzikir dan sebagainya. Dan tidak kalah penting juga interaksi horizontal antar sesama manusia yaitu saling menghormati, menghargai, sopan dan ramah dan tidak membuat kerusakan.

Namun perlu diketahui bahwa perkara gaib adalah rahasia Allah. Manusia hanya diberi sedikit ilmu tentang itu untuk mencapai kesana. Jadi mari berusaha semaksimal mungkin untuk menuju maqam yang mulia dan derajad takwa sebatas kemampuan kita, karena Allah tidak menghukumi hambanya atas sesuatu diluar batas kemampuan.

Semoga guratan cahaya kecil bisa berubah menjadi cahaya putih penerang qalbu

Untuk mencapai maqam yang mulia dan suci itu belum cukup bagi seorang hamba hanya dengan ilmu belaka. Diperlukan hal-hal yang lain untuk menjadi syarat-syarat menuju makrifat kepada Allah Ta'ala. Pembersihan diri dan pensucian jiwa dan hati sangat diperlukan. Karena perjalanan menuju Allah dalam makrifat adalah perjalanan yang suci dan mulia dan tidak akan bisa tercapai tanpa adanya tazkiyatun nafs

Koreksi diri dan introspeksi jiwa diperlukan pula agar mempunyai kepekaaan atas diri-sendiri, membersih diri dan hati dari keangkuhan serta sikap bangga diri. membersih diri dari sifat iri dan dengki serta keinginan duniawi yang menyesatkan, seperti tamak, tinggi hati, merasa lebih dari yang lain, bahkan menunjukkan kesombongan kepada hamba lain dan sebagainya, karena sangat tidak sesuai dengan niat ingin mendekatkan diri dan bermakrifat kepada Allah. 

Oleh karena itu membersihkan aib dalam hati dan kotoran yang melekat pada jiwa serta berusaha membersihkan lebih utama bagi seorang hamba daripada sekedar keinginan mencapai kegaiban ilahiyah tanpa memenuhi syarat-syarat tersebut diatas. Riyadatunnafs dikerjakan tidak semata-mata didorong oleh keinginan akan tetapi diperlukan kesungguhan yang tidak dimasukkan niat lain kecuali semata-mata untuk mencapai ridha Allah.

Al Ghazaly dalam bukunya Riyadunnafs mengatakan bahwa untuk mengoreksi diri bisa dengan cara bergaul dengan orang alim yang dapat memperingatkan aib kita, dengan contoh-contoh yang dapat membersihkan diri dari aib yang melekat dalam sanubari kita. Bersahabat dengan orang saddiqin (orang yang memiliki kebersihan jiwa) yang akan mengingatkan disaat kita lupa.

Mari kita berusaha mensucikan hati dan jiwa yang kotor untuk berhijrah menuju yang lebih baik serta berusaha bermakrifat kepada Allah dengan niat yang ikhlas hanya kepada Allah dan dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan syariat yang sudah diajarkan oleh Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam.



"Selamat Tahun Baru 1434 H"


 
Dikutib dari :Al Hikam
Karya Syaikh Athaillah Askandariyah

47 comments

November 14, 2012 at 11:45 AM

Amankan dulu aah...

November 14, 2012 at 11:50 AM

Bermuhasabah diri selalu ya mas...
Melihat kedalam diri sendiri, kemudian berusaha untuk memperbaiki diri. Dan semoga Allah senantiasa menjaga qulub kita.

Rabbana la tuzigh qulubana ba,da idz hadaitana wa hab lana mil-ladunka rah­matan innaka antal-wahhab.

November 14, 2012 at 11:57 AM

Beberapa jam menjelang pergantian tahun baru. Waktunya introspeksi diri dan menetapkan tujuan baru - menjadi manusia yang lebih baik.
aih.... betapa dalam yg kubaca kali ini.

November 14, 2012 at 12:11 PM

@Niken KusumowardhaniPertamax...

November 14, 2012 at 12:16 PM

@Niken KusumowardhaniBetul mbak, melatih kepekaan diri agar peka terhadap kekhilafan diri

November 14, 2012 at 12:19 PM

@Susi SusindraMari mbak kita sama2 berhijrah minimal selangkah lebih baik dari taun kemarin

November 14, 2012 at 1:31 PM

Poin2 instropeksi diri sbenernya udah terlarik dg baik di syair TOMBO ATI! it's menarik, sob! Met tahun baru juga, ea... ;-)

November 14, 2012 at 1:37 PM

ayoo bermuhasabah :)

kakak... kakak...
kartu posnya sudah aku kirim. ditunggu ya, semoga sampai insya allah. walau aku juga tidak tahu kapan sampainya ^^ hehe

November 14, 2012 at 1:48 PM

Alhamdulillah dapat tausyiah :)
Insya Alloh sabunnya dicobaa kk @insan. #ehh...:D

November 14, 2012 at 1:50 PM

@eksakBetul mas Eksak, yang saya tulis hanya secara globalnya, secara rincinya seperti di lagu itu

November 14, 2012 at 1:51 PM

@Nurmayanti Zainwah makasih banget Maya...

jadi gak sabar pengen liat gambar Kimononya... hihihihi...

November 14, 2012 at 2:01 PM

Tetap berusaha untuk menjadi pribagi yang bermanfaat untuk orang lain. Selalu berdoa dan memohon ridhaNya, supaya apa yang dikerjakan membawa berkah.

Selamat Tahun Baru 1434 H untuk Om Insan, keluarga dan Teman-teman semuanya. Semoga esok kita semua akan menjadi pribadi yang lebih baik :)

November 14, 2012 at 3:35 PM

Tolah toleh disini...
To big, to deep, to high...
Belum waktunya. Belum cukup ilmunya.

November 14, 2012 at 3:56 PM

itu foto nya ngeblur yaa om, wah wah ternyata harus mensucikan sampek hati2nya gag cuma bersuci di luarnya ajah yaa om :D

selamat tahun baru hijriah :D

November 14, 2012 at 4:14 PM

wah sepertinya kembali ke dalam diri ini di semua ajaran agama dan filsafata ada, hehe.. selain budha di ajaran jawa kuno ada, maka dari itu ada namanya kerajaan kediri, yg artinya kembali ke dalam diri atau jiwa

November 14, 2012 at 4:25 PM

@RinemBetul mas memang dalam hal ruhani itu hampir sama antara Islam dan agama lain yaitu olah rasa antara sang hamba dengan sang khalik, tapi yang membedakan adalah tata caranya yang terkodifikasi dalam syariatnya

November 14, 2012 at 4:26 PM

@Zeal*Liyanfuryhehehe... makasih Liyanfury..
sabun colek jangan di coba buat mandi loh...

November 14, 2012 at 4:33 PM

@Idah CerisYups tetap berdoa dan berusaha dan hasilnya biar Allah yang menentukan

Selamat tahun baru juga ya Idah, semoga kebaikan dan keberkahan selalu bersama Idah dan keluarga

November 14, 2012 at 4:33 PM

@Niken Kusumowardhanihehehehe...
ilmu padinya keluar...

November 14, 2012 at 4:35 PM

@Niar Ci Luk BaaIya dong Niar, karena hati itu ibarat Raja yang menentukan baik buruknya, jika hatinya keruh maka akan cenderung pada kemaksiatan.

Selamat tahun baru 1434 H ya Niar

November 14, 2012 at 4:50 PM

@Insan Robbani
Panen yuukk...

November 14, 2012 at 5:02 PM

Tahun baru di kossan kak huhuhu :"(

November 14, 2012 at 6:56 PM

@Hasana Annasbagus dong, bisa dipakai bermuhasabah..

November 14, 2012 at 6:57 PM

@Niken Kusumowardhanihayuuukkk

November 14, 2012 at 9:24 PM

*kudu lbh bnyk instropeksi n melakukan hal2 yg trtunda.. semangat ~~

met hijrah mas :D

November 14, 2012 at 11:22 PM

Selamat tahun baru 1434 H. Semoga segalanya menjadi lebih baik dan barokah. Apa yang kita upayakan Allah kabulkan. Amin, ya Rabb.

November 15, 2012 at 12:17 AM

@Monika Yulando PutriSelamat tahun baru Hijriah dan selalu semangat dalam berhijrah

November 15, 2012 at 12:18 AM

@Abi SabilaSelamat Tahun Baru 1434 H
semoga kebahagiaan dan keberkahan selalu berserta kita semua

November 15, 2012 at 6:04 AM

mantab,
makasih sudah selalu mengingatkan kang. terasa bener diri ini penuh dosa baca posting ini.....

November 15, 2012 at 7:04 AM

Assalamu'alaikum Pak ...
artikel yang sangat menarik, disaat kita memasuki tahun baru hijriyah, sebagai sarana muhasabah.
Sebagai muslimin, Taziyatun nafs memang seharusnya kita lakukan sebagai salah satu langkah menggapai ridho Alloh. Dan Paling tidak 5 waktu dalam sehari adalah sarana yang paling gampang untuk melakukannya. Apalagi jika kita istiqomah bermunajad dan bermuhasabah di sepertiga malam setiap harinya.
Saya juga menyampaikan selamat menyongsong tahun baru 1434 H, semoga kita dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat.
Salam silaturahim dari Blitar

November 15, 2012 at 7:54 AM

Semoga tahun ini akan lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya dalam hal kebaikan dan amalan ibadah aamiin

November 15, 2012 at 11:12 AM

@muhammad ridwanla haula wala quwwata illa billah...
demikian halnya dengan saya kang

November 15, 2012 at 11:14 AM

@DjangkiesWaalaikumsalam...
Aamiin ya Robb..

terimakasih sudah menambahkan di posting ini, makin lengkap

Matur nuwun

November 15, 2012 at 11:15 AM

@Ferry NurseAamiin...

Doa serupa buat mas Ferry sekeluarga

November 15, 2012 at 3:20 PM

SELAMAT TAHUN BARU ISLAM jg mas Insan Robani....

smg mjd insan dan pribadi yg lbh baik lagi ...

terima kasih utk bacaan islami ini :-P

November 15, 2012 at 4:05 PM

@mimi RaDiAlAamiin...
makasih ya mbak, doa serupa buat mbak Arie

November 15, 2012 at 4:53 PM

aamiin. Semoga kita selalu introspeksi diri.
Selamat tahun baru hijriah juga mas Insan. Semoga segala kebaikan berlimpah di tahun ini buatt mas Insan sekeluarga

November 15, 2012 at 9:47 PM

Berteman dengan orang2 baik, setidaknya kita jadi sungkan untuk berbuat hal2 yang buruk...

November 15, 2012 at 11:30 PM

setelah tazkiyah nufus semoga menjadi insan yang Robbani, Imam Ibnu Qayyim menyatakan ada empat langkah jihad nafsi menuju insan robbani, semoga saya bisa posting di blog...

November 16, 2012 at 3:42 PM

@MugniarAamiin...
Terimakasih Mbak Niar untuk doa dan ucapannya, juga terimakasih atas kunjungannya

Salam sahabat dari Surabaya

November 16, 2012 at 3:43 PM

@kakaakinBetul mbak..., ibarat bersahabat dengan penjual Minyak wangi akan kena imbas wanginya...

November 16, 2012 at 3:46 PM

@Ayub Daudyups bisa dibuka di buku madarijus shalihin karya Al Alamah Ibnu Qoyyim Al Jauziah.

ditunggu postingannya

November 16, 2012 at 7:21 PM

Selamat tahun baru 1434 H. Semoga di tahun baru ini kita selalu mendapatkan sebuah kebarokahan dalam ridho Illahi.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

November 17, 2012 at 7:58 AM

@Indra KusumaSelamat tahun baru juga mas Indra, doa yang sama buat mas Indra sekeluarga

November 17, 2012 at 9:49 AM

bersih diri sebagai bagian dari proses koreksi diri, sangat berat dilakukan bila kita tidak memiliki ilmudan pengalaman ruhani, persis kang.

sangat lama ngga silaturahmi,
salam sehat selalu

November 19, 2012 at 9:14 PM

@Desa CilembuAtur nuhun kang kunjungannya

Salam persahabatan dari Surabaya

November 20, 2012 at 4:47 PM

selamat tahun baru hijriah juga gan. :)

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes