Wednesday, October 24, 2012

Fungsi Diturunkan Al Qur'an

Bismillahirahmanirahiim
Sesungguhnya Allah tidak menurunkan Al Qur'an hanya sekedar mencari berkah dari membacanya, menjadi hiasan didinding rumah ataupun untuk dibacakan kepada orang yang meninggal dengan harapan mereka mendapat rahmat dari Allah.

Sesungguhnya Allah menurunkan Al Qur'an untuk memastikan petunjuknya bagi perjalanan hidup manusia, sehingga kehidupan manusia bisa diatur dengan petunjuk dan agama yang diturunkan Allah dengan cahaya petunjuk-Nya. Allah memberi petunjuk kepada umat manusia dengan jalan yang lurus, mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya terang-benderang.

Al Qur'an tidak diturunkan oleh Allah untuk dibacakan kepada orang-orang yang meninggal dunia tetapi terlebih dijadikan sebagai sumber hukum bagi oarang-orang yang hidup didunia. Al Qur'an tidak untuk dijadikan hiasan dinding melainkan dijadikan hiasan di hati manusia agar berakhlak lebih baik.

Sedangkan berkah yang diberikan Al Qur'an akan muncul ketika kita mengamalkannya, seperti yang difirmankan Allah:

"Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat". (Terjemahan Al An'aam : 155)

Al Quran juga menunjukkan sendiri berbagai tujuan diturunkan-Nya yaitu untuk diamalkan dalam kehidupan di dunia seperti Firman-Nya:

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran) (Terjemahan An-Nissa 174)

Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyi kan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keredhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus (Terjemahan Al Maidah : 15-16) 



"Maha suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqon (Al-Qur’an) kepada hambaNya, agar menjadi peringatan kepada seluruh alam” (Terjemahan QS Furqon: 1)

 
Dan sedikit gambaran tentang fungsi Al Qur'an, dari sudut isi atau substansinya, fungsi Al-Qur’an sebagai tersurat dalam nama-namanya adalah sebagai berikut:

1. AL-HUDA (petunjuk)
Petunjuk dalam Al Qur'an ada 3 kategori:
Pertama: bagi manusia secara umum
Allah Ta'ala Berfirman: "bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu..." (Al Baqarah 185)

Kedua: petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa
Allah Ta'ala berfirman: "(Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa" (Ali Imran 138)

Ketiga: petunjuk bagi orang-orang yang beriman
Allah Ta'ala berfirman: "Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan (Fushshilat 44)

2. AL-FURQON (pemisah)
Al qur'an Adalah yang membedakan antara yang hak dan bathil
Allah Ta'ala berfirman: "Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)..." (Al Baqarah 185)

3. AL-SYIFA (Obat)
Al-Qur’an dikatakan bahwa ia berfungsi sebagai obat bagi penyakit yang ada di dalam dada. (psykologis)
Allah Ta'ala berfirman: "Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." (Yunus 57)

4. Al MAU’IDZOH (nasehat)
Al-Qur’an dikatakan bahwa ia berfungsi sebagai nasehat bagi orang-orang bertaqwa.
Allah Ta'ala berfirman: "(Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa" (Ali Imran 138)

Alhamdulillah, demikian Sahabat Robbani sedikit yang bisa dishare, jika ada yang benar semata hanya milik Allah yang Maha benar dan jika ada salah semata karena kebodohanku. 



39 comments

October 24, 2012 at 3:08 PM

Pengennya bisa hafal Al-qur'an dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari secara istiqomah...#tapi kuk juz 30 saja belum hafal?!!!

October 24, 2012 at 4:10 PM

AlQur'an is the best noor :D petunjuk paling hebat dan benar :)

October 24, 2012 at 4:55 PM

pengennya bisa hafal juga semuanya..
tapi ada aja kesulitan ya MAs..
YAng penting buat aku, tetap membacanya dan paham artinya dan menjalankan dalam kehidupan sehari hari..
#ga muluk2 kan..

October 24, 2012 at 5:41 PM

Al-Qur'an: the law of life.
jalan hidup ini berliku-liku.. tak ingin tersesat, rinduuuu mengikuti petunjukNYA, amiin.

October 24, 2012 at 5:44 PM

Terima kasih sobat atas berbagi pencerahannya ini.
Menambah pengetahuan agama di sini

October 24, 2012 at 6:17 PM

Deg-degan bacanya. Rasanya begitu kecil diri ini, begitu dangkal pengetahuan diri, dan begitu jauh dari kekafahan. Dari hari ke hari semakin ditunjukkan bahwa Alqur'an yang berisi wahyu Allah begitu hebat memperbaiki jalan hidup.
Inginnya diri selalu menjadi pribadi yang memiliki jiwa fuqonan. Sehingga dijauhkan dari kehinaan atas kelalaian.

hadeeuuuhh... ini tulisan dalem banget sih mengena di hati...

October 24, 2012 at 11:45 PM

Subhanallah ....

Moga tetap diberi kekuatan utk share hal2 semacam ini ya mas ..

October 25, 2012 at 8:00 AM

Sejak lahir sudah muslim, tapi rasanya masih begitu jauh hati ini dari hukum-NYA. Makasih sudah selalu mengingatkan kang.

October 26, 2012 at 2:32 PM

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
Wassalam

October 28, 2012 at 8:55 AM

sebenarnya kalo baca Qur'an itu enaak deh, kaya ga mau berhenti gitu, ada pelajaran di setiap ayatnya yang bikin kita jadi 'ooo begitu, hmm iya ya, Subhanallah, dsb.nya', kata2nya juga terjalin dengan indah, tapi sayangnya lebih banyak baca buku lain daripada Al Qur'an -_-"

October 28, 2012 at 1:54 PM

maksih abang. jadi diingatkan lagi. Saya kadang lupa klo dtanya fungsinya. cuma jawab seingatnya padahal point2 itu hars ada ^_^
lama tak berjumpaaaaaaaaaaaaaaaa

October 28, 2012 at 1:55 PM

@Ririe KhayanNiat aja sdh dicatat sebagai amal kok Rie, apalagi di implementasikan...

October 28, 2012 at 1:56 PM

@nur awaliah yusranbetul... cahaya diatas cahaya, cahaya yang terang benderang

October 28, 2012 at 1:58 PM

@Nchie Haniekarena yg penting bukan sekedar dihafalkan, tapi diamalkan

October 28, 2012 at 2:00 PM

@Liyan*Life is Journeysami'na wa atho'na terhadap Kalamullah Al Qur'an dijamin tidak akan tersesat

October 28, 2012 at 2:00 PM

@Portal KesehatanAlhamdulillah...
terimakasih juga kunjungannya

October 28, 2012 at 2:05 PM

@Niken Kusumowardhanidiibaratkan secara tauhid antara manusia dengan Allah seperti angka 10..., atinya Allah itu satu /ahad sedang manusia adalah 0 tidak punya daya dan kemampuan apa2 tanpa pertolongan-Nya

October 28, 2012 at 2:06 PM

@MugniarAlhamdulillah.., Aamiin..
begitu juga dengan mbak Niar

October 28, 2012 at 2:06 PM

@muhammad ridwanterimakasih juga sdh mau saling ingat mengingatkan juga

October 28, 2012 at 2:08 PM

@BlogS of HariyantoSelamat Hari Raya juga Mas Hari, mohon dimaafkan segala khilaf, semoga keiklasan, ketabahan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menjadi inspirasi kita

October 28, 2012 at 2:09 PM

@NFYa..ya.. karena iblis dan crewnya selalu menghalangi kita untuk membaca Qur'an dan diganti dengan koran

October 28, 2012 at 2:12 PM

@Annur eL Karimahselamat datang juga Adik cahaya...

kalo ada yg kurang bisa ditambahin kok

October 29, 2012 at 9:07 PM

Saya membaca Al Qur'an untuk mencocokkan dengan banyak visi yang muncul. Visi muncul bila membaca artikel tentang dimensi lain di alam ini...

October 30, 2012 at 1:30 PM

saat kita sedang galaupun bacalah Al-Qur'an insyaAllah..pasti ada manfaatnya...

October 30, 2012 at 7:51 PM

Sudah ada petunjuk dari Allah dan rasulNya, tetapi banyak manusia yang masih butuh petunjuk dari yang lainnya untuk mencari harta dunia yang tidak akan pernah dibawa mati.

October 30, 2012 at 10:34 PM

belajar al qur'an dan hadist juga ya mas

October 31, 2012 at 9:00 AM

Al-Qur'an memang pedoman hidup yg luar biasa :)

November 2, 2012 at 9:13 PM

@Ratnawati Utamiowh begitu...
yakin kan kalau semua alam seisinya termakktub dalam Al Qur,an

November 2, 2012 at 9:14 PM

@Obat Herbal Penyakit KolesterolInsya Allah begitu

November 2, 2012 at 9:15 PM

@Lidya - Mama Cal-Vinbetul mbak, karena dua sumber hukum itu saling berkaitan

November 2, 2012 at 9:15 PM

@obat penyakit kanker payudara herbalSubhanallah

November 2, 2012 at 9:17 PM

@HALAMAN PUTIHnah itulah uniknya manusia, tidak pernah puas dengan nikmat yg sdh baik

November 13, 2012 at 10:41 PM

ada empat keistimewaan Al-quran, dan masih banyak lagi sebenarnya yang lainnya.
heemmm
semoga kta mendapatkan hidayah ya bang :)

November 29, 2012 at 10:15 AM

AlQur'an memang pedoman hidup seorang muslim, bahkan seluruh manusia....
manusia tanpa Al-Qur'an, bagaikan berada di tengah Goa tanpa cahaya, maka ia akan tersesat dan tidak terarah....
smoga kita dapat berpegang teguh serta berpedoman kepada Al-Quran, Hudan Linnasi

December 12, 2012 at 2:25 PM

sumber segala sumber, Subhanallah.. smg semakin diingatkan lg utk trs mengamalkan kandungan2 didalamnya
slm kenal :)

February 6, 2013 at 2:24 PM

nice post..

June 13, 2013 at 9:18 PM

al-quran salah satu pusaka yang tidak akan menyesatkan bagi yang mengimani dan mengamalkannya...

October 9, 2013 at 8:30 PM

makasih share nya

October 9, 2013 at 8:35 PM

tambah ilmu baru

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes