Sunday, July 22, 2012

Bulan Paling Istimewa


Oleh:  Akhmad Muhaimin Azzet


Ramadhan adalah bulan yang paling istimewa di dalam Islam. Inilah bulan mulia yang di dalamnya Allah Subhanahu wa Ta'ala. menurunkan rahmat, memberikan ampunan, dan membebaskan dari neraka bagi orang-orang yang berpuasa dengan sungguh-sungguh dan ikhlas karena-Nya. Dalam bulan ini, juga ada malam Lailatul Qadr, yakni satu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Gambar dari sini
Bagi orang-orang yang beriman, kedatangan bulan Ramadhan senantiasa ditunggu. Kedatangan bulan Ramadhan akan disambut dengan hati yang gembira. Sebab, sesuai dengan namanya, yakni Ramadhan yang bermakna membakar, maka dalam bulan ini dosa-dosa akan dibakar (sehingga habis) dengan memperbanyak amal shalih. Inilah salah satu sebab mengapa kaum beriman gembira menyambut Ramadhan, berharap agar di dalam bulan suci ini dosa-dosanya diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, di samping menginginkan banyak keutamaan lainnya.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. juga memberikan perhatian khusus ketika menghadapi bulan Ramadhan. Dalam hal ini, marilah kita perhatikan khutbah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. ketika menghadapi bulan Ramadhan berdasarkan sebuah hadis, yakni dari Salman r.a., ia berkata bahwa pada akhir bulan Sya’ban, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. berkhutbah, sebagai berikut:

“Wahai manusia, telah dekat kepadamu bulan yang agung lagi penuh berkah. Bulan yang di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Bulan yang di dalamnya Allah menjadikan puasa sebagai fardhu dan bangun malam sebagai sunnah. Barangsiapa yang mendekatkan diri di dalamnya dengan beramal sunnah, maka (pahalanya) seperti orang yang beramal fardhu pada bulan lainnya. Dan barangsiapa beramal fardhu di dalamnya, maka pahalanya seperti orang yang beramal tujuh puluh amalan fardhu pada bulan lainnya. Inilah bulan kesabaran, dan pahala sabar adalah surga. Inilah bulan kasih sayang, bulan saat rezeki seorang Mukmin ditambah. Barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya, dan mendapatkan pahala yang sama tanpa mengurangi pahala orang (yang berpuasa) itu sedikit pun.’ Mereka berkata, ‘Ya Rasulullah, tidak setiap kami memiliki makanan untuk diberikan kepada orang yang berbuka puasa.’ Beliau bersabda, ‘Allah memberi pahala kepada orang yang memberi makanan untuk berbuka puasa, meskipun dengan sebutir kurma, seteguk air, atau sesisip susu. Inilah bulan yang awalnya penuh rahmat, tengahnya penuh ampunan, dan akhirnya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa meringankan beban bagi hamba-hamba sahayanya pada bulan itu, maka Allah akan mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka. Perbanyaklah empat amalan pada bulan itu. Dua di antaranya menyenangkan Tuhannya, dan dua lainnya kamu pasti memerlukannya. Adapun dua perkara yang dengannya kamu menyenangkan Tuhanmu adalah: bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan kamu mohon ampunan-Nya. Dan dua perkara yang kamu pasti memerlukannya adalah: kamu memohon surga kepada Allah dan kamu berlindung kepada-Nya dari api neraka. Barangsiapa memberi minum kepada orang yang berpuasa, maka Allah akan memberinya seteguk minum dari telagaku yang ia tidak akan haus hingga ia masuk surga.” (HR. Khuzaimah, Baihaqi, dan Ibnu Hibban)

Demikianlah. Semoga kita bersama keluarga digolongkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. ke dalam golongan orang-orang beriman yang gembira dalam menyambut bulan Ramadhan, bersenang hati dalam mengerjakan kewajiban puasa, bersemangat dalam menghidupkan malam dengan qiyamul lail, dan penuh keikhlasan dalam memperbanyak amal yang shalih.



Kontributor:

Al-Faqîr ilâ Rahmatillâh,

20 comments

July 22, 2012 at 9:30 PM

Kalau bonus atau hadiah dari orang saja membuat kita senang, masak kita menolak hadiah dan bonus dari Allah...? Maka di bulan Ramadhan ini kita banyak-banyak mengambil bonus-bonus itu.... Aku mau aahh...

July 23, 2012 at 5:42 AM

ALhamdulillah, saat saya tak bisa memberi orang lain buka puasa, ada seorang dermawan yang meminta tolong untuk disalurkan dananya, salah satunya untuk diberikan kepada masjid, termasuk buka puasa.

Saya yakin, berkah di bulan ini akan melipatgandakan kasih-sayang Allah meski melalui amal berantar seperti itu ^__^

July 23, 2012 at 5:43 AM

Semoga puasa tahun ini bisa menjadikan kita lebih baik dari tahun sebelumnya dan mendapatkan segala hal yang di janjikanNYA pada umatnya ....

July 23, 2012 at 9:10 AM

alhamdulillah masih diberi kesempatan utk menikmati bulan yg istimewa ini

July 23, 2012 at 10:10 AM

semoga kita termasuk mereka yang menjadi istimewa di bulan istimewa ini.. selamat berburu pahala di bulan Ramadhan kang Insan, pak Azzet :)

July 23, 2012 at 12:20 PM

Bener2 istimewah kok bulan romadhon, setaun sekali pula,:D

Met puasa yaa semuanya :D

July 23, 2012 at 2:42 PM

Ramadhan bulan penuh bonus pahala...juga bonus discount tuh di mall...makanya shaf jadi 'maju' jika hari-hari terakhir. SEmoga kita bisa istiqomah dalam ibadah di bulan Ramadhan dan di luar Ramadhan:)

July 23, 2012 at 4:56 PM

Mari kita berlomba2 dalam menggapai Ridhonya di Bulan Ramadhan ini :D

July 23, 2012 at 7:55 PM

@nikensaya juga mau mbak Niken

July 23, 2012 at 7:57 PM

@MUHAMMAD RIDWANAmin..., alhamdulillah ya kang, semoga harapannya terwujud

July 23, 2012 at 7:58 PM

@ke2naialhamdulillah ya mbak Myra

July 23, 2012 at 7:59 PM

@dhenok habibieAmin.. hayo berlomba-lomba dalm beramal

July 23, 2012 at 7:59 PM

@Niar Ci Luk Baasetuju banget niar..
selamat berpuasa juga ya

July 23, 2012 at 8:01 PM

@Ririe KhayanAmin.. subhanallah Ramadhan ini Allah membagi2kan bonus pahala sampai tujuh puluh kali lipat

July 23, 2012 at 8:02 PM

@Rumah Al BannaInsya Allah, semoga Allah memberi kemudahan dlam ibadah kita

July 23, 2012 at 8:04 PM

@MugniarYa begitulah cara kerja Allah dalam berbagi pahala kebaikan... subhalallah ya mbak Niar

July 24, 2012 at 12:34 PM

Subhanallah...semoga bisa bertemu dengan malam lailatul qadr *hope* (*)

mampir ke blog ku ya mas^6
masih baru euy... :D

July 24, 2012 at 12:36 PM

Alhamdulillah..., terima kasih banyak ya, Pak, telah berkenan memuat tulisan di atas. Semoga bermanfaat bagi kita bersama. Allaahumma aamiin...

July 24, 2012 at 12:45 PM

Alhamdulillah, kita bisa dipertemukan kembali dgn bulan yg sangat istimewa ini. Dan artikel istimewa di atas, tak boleh kita pungkiri kemanfaatannya. makasih ma Azzet atas pencerahannya

February 6, 2013 at 2:28 PM

nice post..

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes