Friday, August 17, 2012

Ayo Berzakat


Oleh : Kang Sofyan


Ramadhan sudah hampir terbenam diufuk barat, dan hari kemenangan akan segera terbit. Apa yang sudah didapat selama berpuasa dibulan Ramadhan ini, adakah sisa-sisa bulan Ramadhan yang masih melekat sebagai sebuah amalan dibulan selanjutnya, semoga saja. Lapar dan haus dahaga telah memberikan sebuah pelajaran yang berharga. Bahwa nikmat Allah itu bukan hanya sebatas makanan dan air saja. Masih banyak nikmat yang kita terima walaupun kita tidak makan dan minum.

Oksigen adalah salah satu nikmat kecil yang masih dberikan Allah pada kita semua. Selama ini banyak orang beranggapan, nikmat itu hanya sebatas barang yang terlihat oleh kasat mata. Ternyata tidak. Salah satu dari nikmat itu adalah Rezki, kata orang jawa Rejeki, kata orang arab “maa yam fa ‘unnas” sesuatu yang bermanfaat. Banyak sekali penafisran mengenai rejeki ini, bahkan ada yang mengatakan, barang haram pun bisa dikatan itu rejeki meski cara mendapatkannya dengan jalan yang salah.

Itu hanya sedikit definisi mengenai rejeki. Yang perlu kita cari tahu adalah bagaimana cara kita untuk mensyukri rezki yang sudah kita terima. Berhubung rezki itu datangnya dari Allah, sebaiknyalah semua itu didistribusikan dijalan_Nya. Sesuai dengan firman_Nya “(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka” QS : Al-baqoroh ayat 3. Ayat diatas sudah jelas, kita wajib menafkahkan sebagian kenikmatan yang kita terima terutama rejeki kepada orang lain.



Mari sebagai umat muslim yang taat akan  perintah_Nya, mumpung masih Ramadhan dan Sholat Ied belum dilaksanakan, tunaikan zakat. Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan. Dan zakat ini adalah salah satu cara untuk mendistribusikan nikmat Allah yang diberikan pada seluruh makhluknya kepada sesamanya. Dengan zakat, berarti kita sudah memisahkan sekat perbedaan antara si miskin dan si kaya. Dengan Zakat, kita sudah memberikan sebuah kebahagian kepada mereka yang berhak untuk turut merayakan sebuah kemenangan. Lebih-lebih sekarang adalah bulan Agustus, bulan penuh dengan semangat persatuan dan kesatuan, dengan zakat semoga persatuan dan kesatuan negeri ini semakin erat.
Ayoo berzakat. . . . . . . 


Kontributor:

Author: Kang SOFYAN

6 comments

August 17, 2012 at 8:11 PM

Zakat yuk ada duit yang harus di berikan untuk mensucikan harta muh :D

August 17, 2012 at 10:52 PM

ayo berzakat bagi yang sudah mencapai nisob.... :D

August 18, 2012 at 12:51 AM

Insyaallh baru besook aku berzakat..
makasih sudah mengingatkan KAng..

August 18, 2012 at 5:34 AM

Zakat yg wajib dikeluarkan di bln Ramadhan sampai sblm sholat Ied hanyalah Zakat Fitrah. Sdgkan Zakat yg lain bs diberikan di bulan2 yg lain. Agar penerima zakat tdk menerima zakat scr musiman, sebaiknya zakat selain zakat fitrah kita keluarkan segera begitu mencapai nisabnya.
Wallahualam...

August 18, 2012 at 2:02 PM

Allhamdulillah kalau zakat fitrah sudah dikeluarkan

August 19, 2012 at 1:14 AM

Esensi zakat selain nilai sosialnya yang tinggi juga adalah sebagai membersihkan harta dan jiwa kita. so, zakat yuuk!

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes