Tuesday, November 1, 2011

Pernikahan dan Wanita dalam pandangan Islam

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

pict taken here
Alhamdulillah kali ini saya bisa memposting tentang keutamaan pernikahan dan keutamaan wanita, wanita adalah makhluk Allah yang sangat identik dengan keindahan, kelembutan serta kasih sayang  maka tidak heran apabila Islam menempatkan kedudukan mulia yang tidak didapatkan di agama lain.

Dalam Islam Pernikahan merupakan penenang bagi jiwa, penentram hati, peneguh iman sekaligus sebagai sarana bagi suami istri mencurahkan kasih sayang, mewujudkan kerukunan, saling berbagi, saling nasehati dan bertoleransi, dengan harapan agar keduanya menciptakan suasana yang indah, berbahagia dan mewujudkan keluarga yang sakinah wa rahmah

Al Qur’an menggambarkan hubungan fitri antara pria dengan seorang  wanita dengan gambaran yang penuh kelembutan, didalamnya tersebar nilai-nilai cinta, keharmonisan, kepercayaan, saling pengertian dan kasih sayang, dari situ berhembus ungkapan cinta kasih, ketenangan, kebahagiaan dan kesejahteraan, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar-Ruum: 21)
Itulah hubungan antara dua jiwa yang sangat erat yang dikaitkan oleh Allah, agar keduanya mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan dalam mahligai rumahtangga yang harmonis penuh kelembutan
Dalam Islam wanita shalihah merupakan kenikmatan hidup yang paling utama sekaligus sebagai nikmat dari Allah Azza wa Jalla terbesar bagi pria, yang bisa menciptakan rasa tenang dari hingar bingarnya dan beratnya kehidupan yang membelenggunya, sungguh suatu kenikmatan tiada tara yang tidak bisa dikalahkan oleh kenikmatan hidup lainnya, maka benarlah apa yang di sabdakan Rasulullah Sahallallahu Alaihi wa Sallam:

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah” (HR. Muslim)

Subhanallah…., Islam sangat memuliakan kaum wanita sebagai sebaik-baiknya perhiasan, Islam juga menghargai kewanitaan wanita dan menganggap wanita sebagai unsur penyempurna bagi kaum laki-laki, sebagaimana laki-laki juga penyempurna bagi wanita. Maka bukanlah antara satu sama lain dari mereka itu sebagai musuh, bukan pula sebagai saingan, akan ketapi wanita sebagai penolong bagi kaum laki-laki untuk menyempurnaan kepribadian dan jenisnya, begitu pula sebaliknya.
Begitu mulianya wanita dalam Islam, sampai-sampai Rasulullah Shallallahi Alaihi wa Sallam memberikan kedudukan yang terhormat kepada wanita dengan pesannya yang disampaikan kepada seluruh laki-laki

“Dan berwasiatlah kepada para wanita dengan baik, karena sesungguhnya mereka di ciptakan dari tulang rusuk, dan bagian yang bengkok dari tulang rusuk adalah atasnya, jika engkau memaksa meluruskannya maka dia akan patah, dan jika engkau biarkan maka dia akan tetap bengkok. maka berwasiatlah kepada para wanita dengan baik." (HR Bukhori dan Muslim)

Maka jelaslah para suami haruslah mendidik istri dengan kasih sayang penuh kesabaran serta menerima wanita sesuai kodradnya bahwa wanita mempunyai karakter lembut dan unik, tidak bisa diperlakukan dengan keras tidak juga dibiarkan berjalan sendiri, harus diperlakukan secara proporsional dan seimbang seperti  yang telah ditentukan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala

Sebagai penutup saya berpesan kepada kaum wanita hendaklah muliakan diri kalian, seperti Allah dan Rasul-Nya sangat memuliakan kalian, jaga auratnya dengan hijab yang baik dan benar seperti yang disyariatkan Islam.

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya.” (QS. An Nuur: 31)

“Hai Nabi, Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab: 59)

“Hai anak Adam, Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. dan pakaian takwa Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raf: 26)

Demikian kiranya hijab bukan hanya sekedar assesoris yg menempel di badan, hanya untuk menutupi kulit dan rambut dari pandangan manusia, dan janganlah kalian berhijab hanya ingin sekedar terlihat cantik tapi terlebih penting adalah menanamkan keimanan dan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Semoga kalian bisa menghantarkan suami menuju surga yang dimuliakan   Amin ya Rabbal alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

43 comments

November 1, 2011 at 7:41 PM

Amin ya rabbal alamin.
cuma bisa bilang
Bismillah.hhe masih lama nih :D *maybe

November 1, 2011 at 8:03 PM

nice posting!
vote : bermanfaat! :D

November 1, 2011 at 8:19 PM

Allahumma aamiin :)
menunggu datangnya imam yg terbaik dari Allah SWT, hehehe.. eh?
siap mas, insya Allah selalu menjaga aurat, diri & perilaku :)
nice posting..

November 1, 2011 at 9:10 PM

Sesungguhnya Islam memuliakan wanita..pandangan yang sangat keliru kalau Islam mengekang kaum wanita.
Sesungguhnya mereka yang tidak mengenal Islam secara baik lah yang bisa mengatakan hal seperti itu.
Postingan yang bermanfaat sobat

November 1, 2011 at 10:41 PM

Islam memang Indah... tak ada komentar lagi.. :)

November 1, 2011 at 10:54 PM

Setuju mas, wanita (istri) sholekhah adalah salah sati kenikmatan hidup #soktau, padahal belum juga nikah.

pernah aku denger tausiah klw kebahagiaan seorang laki2 itu sempurna klw dia memiliki empat hal: 1. istri yang sholekhah, 2. Anak yang soleh solekhah, 3. Maisyah (pekerjaan) ada di negerinya sendiri, 4. lupa :D

salam

November 1, 2011 at 11:22 PM

Pena hadir dan absen malam dan menyimak postingan sobat di sini

November 2, 2011 at 12:03 AM

Salam kenal mas...
tulisan ini jd pengingat bagi saya utk kbl merenungi kemuliaan wanita dan makna pernikahan. Tq

November 2, 2011 at 7:18 AM

@Uchank:
selesein kuliahnya dulu yah...
sambil nyari2 yg pas dihati...
hehehehehehe

November 2, 2011 at 7:19 AM

@Ila Rizky Nidiana:
Alhamdulillah jika bermanfaat..
semoga betah datang di lapak ini

November 2, 2011 at 7:21 AM

@Irma Devi Santika:
menunggu dan berdoa yah...
semoga ALlah Ta'ala segera menurunkan jodohnya dari langit.
sip..ttp jaga diri baik2

November 2, 2011 at 7:24 AM

@cardiacku:
makasih mas Ferry atas kunjungannya.
betul sekali Islam sangat memuliakan Wanita
kadang heran jg kalo msh menuntut emansipasi
sebuah langkah mundur berarti....

November 2, 2011 at 7:27 AM

@Andro Bhaskara:
gak bisa komentar lagi...??
pasti sudah merasakan keindahannya ya..

November 2, 2011 at 7:32 AM

@Yan Muhtadi Arba:
nah kalo sdh siap jangan ditunda2 lagi

November 2, 2011 at 7:33 AM

@tautanpena:
terimaksih untuk kunjungannya...

November 2, 2011 at 7:38 AM

@Hayatun Nufus
Salam kenal juga...
alhamdulillah kalo postingan ini ada manfaatnya
oh iya...sdh follow balik mbak..

November 2, 2011 at 8:25 AM

Alhamdulillah..sangat bermanfaat mas terutama bagi saya pribadi yang telah berkeluarga. udah saya follow, ternyata orang surabaya ya, saya juga asli sana, cuman cari makannya di Jakarta hehe

really nice blog :)

November 2, 2011 at 9:58 AM

Alhamdulillah hati tersiram postingan ini... #sabar ah

November 2, 2011 at 11:13 AM

@Seagate:
Alhamdulillah.. kalo bisa bermanfaat
iya.... saya Arek suoboyo... salam

November 2, 2011 at 11:16 AM

@arr riar:
alhamdulillah ya...
silahkan bersabar,...sampai saatnya tiba ya mas...
hehehehehe...

November 2, 2011 at 1:53 PM

membacaya, saya semakin bersemangat akhy insan..!

satu hal yang paling saya menyesali sampai sekarang adalah menunda pernikahan dulu karena belum siap secara materi waktu itu... ternyata alasan saya ini tak bisa saya benarkan saat sekarang..! Rezeki itu adalah rahasia Allah. ketakutan yang tak mendasar.. akhirnya br nyesal sekarang saat calon istri saya malah nikah ama orang lain. #halah.. malah curhat.. afwan akhy sedikit curcol saya.

sebaik2nya perhiasan dunia adalah wanita sholeha. 3 kali saya dikasih wanita sholeha sama Allah tp gr2 merasa belum siap, jadinya lepas bgt saja... tp tenang akhy,, yg terakhir gak akan saya lepas lagi, kecuali memang Allah menakdirkan lain. hehehe.. #benar2 curcol tingkat tinggi.

thanks akhy insan sdh berbagi artikel ini.

November 3, 2011 at 10:20 AM

alhamdililah saya semakin tahu, setelah membaca artikel ini

November 3, 2011 at 6:20 PM

@ROe Salampessy:
syukuri saja Allah memberikan Humairra pada akhi
sbg bentuk syukurnya adlah menjadikan dia sbg pendamping yg baik... salam buat humairra

November 3, 2011 at 6:21 PM

@Toko Baju Online Jakarta
Alhamdulillah... bisa berbagi..

November 3, 2011 at 9:40 PM

Wuahahaha..
baca comment bang roe diatas jadi berpikir lagi :)
rasanya menikah gimana yak ?
hahahaha :D

November 3, 2011 at 10:26 PM

Bismillah...
semoga Allah swt memberi kekuatan kepada hamba2nya yang ingin meneladani Rasulullah menggenapkan separuh din. :)

sjzk ustadz, atas sharingnya.
semoga Allah senantiasa memberi rahmat kepada engkau, agar
dapat menebar da'wah, manfaat, dan kebaikan. Amiin.

November 3, 2011 at 10:51 PM

@uchank:
hahahahahaha...
Rasa yang gimana dulu..?
ada2 aja si Uchank

November 3, 2011 at 10:54 PM

@andryahdaka:
Amin ya Robb...
semoga Allah juga senantiasa memberi rahmat kepada pembaca posting ini, dan bisa mengambil manfaatnya...
jika tulisan ini benar karena Allahlah yang Maha Benar
jika salah, semata-mata karena kelemahanku dan kebodohanku

November 4, 2011 at 5:03 AM

waalaikumsalam,
wanita adalah permata dunia akhirat bila senantiasa terjaga dalam hijab-NYA :)

November 5, 2011 at 5:34 PM

Benar sekali, Rasulullah pun lebih memuliakan anak perempuan dibanding dengan anak lelaki.

November 7, 2011 at 6:46 AM

Terima kasih saudaraku atas pencerahannya..Semoga keluarga kita senantiasa dalam keluarga Sakinah Mawaddah dan Warahmah dalam naungan Illahi aamiin

November 7, 2011 at 6:55 AM

Berkunjung dan bersilaturahmi sahabat setelah sekian lama vakum ngeblognya...kembali membaca postingan yang menyejukkan hati di sini.

November 9, 2011 at 7:30 AM

لسّلا م عليکم ورحمةالله وبرکة
Syukron pencerahanya, sangat bermanfaat sekali...

November 9, 2011 at 9:11 AM

@BlogS of Hariyanto:
Setuju Mas Hariyanto, wanita shalihah adalah sebaik2nya perhiasan dunia dan akhirat

November 9, 2011 at 9:12 AM

@HALAMAN PUTIH;
hmm ada tambahan ilmu baru
alhamdulillah

November 9, 2011 at 9:15 AM

@Abufarras
Amin....
alhamdulillah.... blog antum juga bagus kok

November 9, 2011 at 9:16 AM

@ibnu siswoyo
Alhamdulillah kedatangan tamu yg lama tdk hadir..
terima kasih silaturahminya

November 9, 2011 at 9:18 AM

@tasbih cantik
waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
alhamdulillah jika ada manfaatnya
terimakasih kunjungannya

November 14, 2011 at 12:02 PM

Subhanalloh...
Bisakah aku menemani suami sampe surga???

Anonymous
November 17, 2011 at 4:42 PM

Islam sangat menjaga wanita, sehingga tidak membiarkan wanita sendirian memegang haknya:
** Akad nikah adalah transaksi hukum terpenting bagi wanita. Untuk transaksi terpenting ini, wanita tidak boleh melakukannya sendiri.
** Hak bertransaksi ini dilaksanakan oleh walinya. Kalau tidak ada walinya, bisa laki-2 lain, misalnya paman atau adik laki-lakinya (asal laki-baligh sudah boleh)
** Setelah nikah, haknya dipegang suami. Tanpa ijin suami ia tidak boleh beraktivitas diluar rumah. Arab Saudi adalah contoh yg baik untuk menjaga hak ini. Disana tanpa ditemani laki-2 muhrimnya, wanita tidak boleh bepergian sendiri. Untuk memastikannya, wanita dilarang memiliki SIM kendaraan
** Dalam pengadilan suara laki-2 dihitung setara dengan 2 wanita. Kalau berhadapan satu lawan satu di pengadilan, wanita pasti kalah melawan laki-2, betapapun sahihnya kesaksiannya. Ini memastikan wanita bisa dgn cerdik menghindari pertikaian melawan laki-2


Setelah meninggal, wanita juga ditempatkan dalam posisi tinggi.
** Laki-2 akan mendapatkan banyak bidadari surga sebagai istri barunya, sehingga akan terlihat rendah sebagai budak nafsu dgn puluhan bidadari istri barunya ditambahkan istri-2nya dulu didunia
** Wanita teramat mulia untuk mengumbar nafsu dengan banyak laki-2, sehingga wanita akan dikumpulkan kembali dengan suaminya didunia. Wanita akan tampil mulia dengan kesetiaannya pada satu suami di dunia dan di surga kelak

November 17, 2011 at 7:58 PM

@T_Tetin:
Insya Allah bisa mbak, asal menjalankan peran sebagai Istri dengan baik dan benar sesuai syariat

November 19, 2011 at 6:54 PM

@Yg tanpa Identitas:
Komen yang bagi saya sangat luar biasa...

November 28, 2011 at 12:07 AM

si istri banyak nuntut pada suami...!!!
Balasannya apa...???

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes