Wednesday, November 30, 2011

Bagaimana Sabar itu..??

Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)
Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Sering kita mendengar kalimat ataupun nasehat-nasehat agar kita bersabar, tapi apakah sebenarnya sabar itu..?? Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya masih diberi kesempatan untuk memposting tentang makna sabar dalam arti sebenarnya, semoga postingan kali ini bisa menjadi nasehat bagi semua pembaca dan khususnya buat saya sendiri…

pict taken here
Sabar adalah kekuatan jiwa yang harus dimiliki setiap muslim, tanpa sifat sabar seseorang tidak akan mampu menghadapi berbagai godaan setan dan bisikan hawa nafsu serta tidak akan mampu menghadapi berbagai cobaan dan rintangan, sabar juga merupakan cahaya yang menerangi jalannya umat muslim dari kebimbangan terhadap berbagai kendala.

Jadi inti makna sabar dalam Islam adalah teguhnya seseorang di jalur haq dengan tidak terpengaruh dengan situasi dan kondisi apapun, akalnya tidak larut pada ajakan hawa nafsunya, jiwanya menolak untuk putus asa, lidahnya tidak mengeluh hanya kepada Allah, sedangkan anggauta badannya ditahan untuk melakukan setiap pekerjaan yang dibenci Allah, hatinya tidak merasa gelisah tetapi selalu berada dalam keimanan, sedangkan lawan sabar adalah gelisah, tergesa-gesa, sempit dada, takut, putus asa, lemah dan mudah menyerah.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
"Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar" (QS. Ali Imran: 146)

Jadi Sabar adalah suatu kekuatan yang menolong manusia untuk tetap teguh, yang kadarnya tergantung kadar keimanannya. dan keimanan yang goyah ketika menghadapi bencana, ujian dan berbagai problema adalah keimanan yang palsu, sedangkan iman yang benar tidak mengenal situasi, tetap teguh dan tegar dalam menghadapi berbagai rintangan

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
"Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada di tepi; maka jika ia memperoleh kebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata." (QS. Al Hajj: 11)

Ada yang membagi makna Sabar ada 3 Jenis:
Sabar Melakukan Ketaatan
Banyak diantara kita yang bisa menerima dan terpengaruh jiwanya dengan nasehat-nasehat agama, sehingga seseorang menyadari kesalahannya dan ingin kembali komitmen kepada jalan kebenaran yaitu jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala, akan tetapi apabila dalam dirinya tidak dihiasi dengan sikap sabar maka tidak akan bisa menjalankan komitmen tersebut dengan istiqomah, karena sudah menjadi kodrad manusia selalu tidak menyenangi pada hal-hal yang memberatkan, maka tanpa kesabaran seseorang tidak akan melakukan apa-apa kecuali mengikuti hawa nafsunya
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
Itulah sebaik-baik pembalasan bagi orang-orang yang beramal, (yaitu) yang bersabar dan bertawakkal kepada Tuhannya. (Al Ankabut: 58-59)


Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam bersabda:
“Barangsiapa berusaha sabar maka Allah akan menjadikannya sabar” (HR Bukhari)

Sabar Menghadapi Kemaksiatan
Maksiat adalah sesuatu yang bisa menjauhkan seseorang dengan Rabbnya, bagi orang mukmin selalu ingin berada dekat dengan Allah, tidak ingin menjauh dari-Nya, merasa malu dan takut apabila melakukan kemaksiatan, karena selalu merasa dilihat dan diawasi oleh Allah, dalam kemaksiatan kita juga perlu kesabaran dalam menghadapi, karena manusia selalu cenderung sabar dengan sesuatu yang menyenangkan dan tidak sabar dengan sesuatu yang tidak menyenangkan, maka rasa Mahabatullah dan takut kepada-Nya lah yang bisa menjadi penolong kita dalam bersabar dalam menghadapi kemaksiatan
Allah Subhanahu wa Ta'ala Berfirman:
“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya)…” (QS. An-Nahl: 53)


“Jika kamu gembira karena kebaikan dan sedih sedih karena kemaksiatan, maka berarti engkau beriman (HR. Ahmad)
 
Sabar dalam menghadapi cobaan dan Rintangan
Seseorang yang beriman selalu tabah dan tegar menghadapi segala macam cobaan dan  rintangan karena menyadari bahwa setiap cobaan itu mengandung hikmah dibaliknya, selalu khusnudzon kepada Allah, meyakini bahwa setiap cobaan akan ada kebalikan dibaliknya

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun, Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al Baqarah: 155-157)


Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam bersabda:
Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah menjadi orang yang baik, maka Allah akan memberikan cobaan” (HR. Bukhary)

Sabar juga mengandung beberapa aspek penting yaitu:
Sabar dalam hal Phisik yaitu tabah menghadapi beban
Sabar dalam hal Nafsu yaitu menahan diri dalam hal-hal yang hina
Sabar dalam hal Peperangan yaitu berani dan pantang menyerah
Sabar dalam hal Amarah yaitu murah hati dan bijaksana
Sabar dalam hal Menghadapi masalah yaitu selalu lapang dada
Sabar dalam hal Menyimpan sesuatu yaitu menjaga rahasia
Sabar dalam hal Kehidupan yaitu menahan diri dalam keduniaan
Sabar dalam hal Rizki yaitu selalu merasa puas / qona’ah
Sabar dalam hal Ibadah yaitu berkelanjutan, konsisten atau istiqomah
Dan masih banyak lagi jenis sabar yang lainnya

Alhamdullah..
Semoga kita tergolong menjadi hamba Allah yang selalu sabar menghadapi segala macam aspek kehidupan sebagai wujud penghambaan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala yang di sifati dengan Ash-Shabur atau Maha Sabar, serta menjadikan sabar dan sholat sebagai penolong.... Amin

Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

63 comments

November 30, 2011 at 9:27 AM

psotingan nya mengingatkan saya kembali untuk sabar..sesungguh nya allah bersama dengan orang orang yg sabar..dan semoga kita menjadi manusia orang2 yg sabar amien ya rabb..

November 30, 2011 at 12:51 PM

Yuk belajar, sabar! Membangun persahabatan, keluarga, dan dalam kehidupan sosial lainnya memang dibutuhkan kesabaran yang tangguh!

November 30, 2011 at 1:15 PM

Sepakat dengan kak Mutia. Mengingatkan kembali tuk sabar.
Sabar adalah berhenti sejenak tuk menghimpun kekuatan..
Kekuatan tuk tak tergoda amarah..
Kekuatan tuk tak termakan hasutan..
Dengannya, diri akan menjadi semakin kuat. :)

Semoga diberi kekuatan tuk selalu menjadi pribadi yang sabar. Amien..

November 30, 2011 at 1:53 PM

Waalaikum salam warahmatullahiwabarakatuh..... setuju mas.. Hidup sabar!! Btw mas Insan mau ngerjain PR? cek ya di http://nufus-suryadi.blogspot.com/2011/11/pr-sebelas.html terima kasih

November 30, 2011 at 2:56 PM

harus lebih sabar lagi..
:)
saya jadi ingat kembali cerita tentang Nabi besar Muhammad Sallallu Alaihi Wasallam.
yang dengan sabar mengurusi orang buta yang selalu menghujatnya dan menjelek2annya tiap hari.
mungkin kang insan sudah tahu kisahnya :)

terimakasih postingannya.

December 2, 2011 at 9:48 AM

nice post...sangat bermanfaat. salam kenal dr rumah kaifa. ijin follow mas

December 2, 2011 at 6:52 PM

ternyata Sabar itu indah saudaraku.. Semoga kita selalu nasehat menasehati dalam kesabaran dan kebenaran... Nice post kakak.. :)

December 3, 2011 at 8:08 PM

Allahumma aminnn..

December 4, 2011 at 11:41 AM

bang insan, saya masih lemah dalam perihal kesabaran kadang suka terpancing oleh aturan2 perusahaan ini sehingga ada beberapa yang saya protes. Terima kasih sudah mengingatkan bang.

Mampir ke blog saya ya sobat ada sebuah Konsep Sosial yang saya impikan kelak.

Salam Persohiblogan ^_^

December 6, 2011 at 11:53 AM

sabar pun gk ada batasx....,cz klo sabar ada batasx maka bukan sabar namax....,syukran akhi dah mengingatkan.... *smile

December 7, 2011 at 8:01 PM

nice post gan...kalo boleh tukeran link ini link saya
http://blog.umy.ac.id/ghea
kalo sudah terpasang kabarin yah.. thx

December 8, 2011 at 12:05 PM

sabar itu...the way of life.

December 8, 2011 at 6:36 PM

waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh..

ternyata sikap sabar itu bisa diterapkan dibanyak aspek kehidupan ya.. sebelumnya yg aku tau, sabar itu lebih sering digunakan saat kita menghadapi cobaan atau kesulitan. ternyata gak cuma itu, dan masih banyak yg lainnya.

trimakasih ilmunya mas Insan :)

December 8, 2011 at 8:55 PM

sabar melakukan ketaatan ini sulit banget, gak sesulit menghidari maksiat. semoga bisa melatihnya lagi

December 9, 2011 at 12:52 PM

kira2 kalau nahan emosi mau marah kepada anak didik itu masuk kategori sabar gak ya ?

December 10, 2011 at 2:41 PM

sabar adalah kunci utamanya :)

December 10, 2011 at 4:59 PM

Alhamdulillah Jazakalloh khoir ka atas tulisannya.. semoga Alloh menjaga hati keta dengan balutan kesabaran yang kuat.. Aamiin ^_^

December 10, 2011 at 7:45 PM

Innallaaha ma'ash shobiriin...


turut mengamini komentar teh Anna diatas..
^_^

December 11, 2011 at 12:27 AM

postingan yg bermanfaat mas...
kesabaran seharusnya tak pernah berbatas...semoga kita semua bisa menjadi lebih baik..utamanya dalam hal kesabaran..^_^

December 12, 2011 at 4:28 PM

sesungguhnya SABAR itu tiada batasnya, maka bersabarlah, insya ALLAH para pecinta kesabaran kan menjadi kekasih ALLAH seperti yang telah dijanjikan-NYA...salam :-)

December 13, 2011 at 11:36 AM

sabar itu ga ada batasnya yah?

gimana kalu kita coba sabar sama orang tapi orang itu malah jadi ga tw diri...?

enaknya ngunjungin blognya mas insan itu, setelah baca postingan, pasti seras diingatkan... ^_^

December 14, 2011 at 6:09 PM

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Subhanallah, Syukron jazakallah khoiron katsiron, Alahamdulilah mendapatkan wawasan dan ilmu yang bermanfaat. sungguh sabar akan menjadikan kita menjadi hidup yang penuh ketenangan dan kebahagiaan dengan selalu mngendalikan hawa nafsu didunia ini sebagai ujian.

December 14, 2011 at 9:26 PM

semoga kita selalu sabar dalam menghadapi apapun cobaannya.. :) amin

December 15, 2011 at 9:36 AM

@meutia rahmahInnallaha ma'ashobirin (Sesungguhnya Allah itu amat dekat dengan orang yang sabar)

December 15, 2011 at 9:38 AM

@Qefy Sabar dalam hal Amarah yaitu murah hati dan bijaksana
Sabar dalam hal Menghadapi masalah yaitu selalu lapang dada
Sabar dalam hal Menyimpan sesuatu yaitu menjaga rahasia

December 15, 2011 at 9:41 AM

@Arya PoetraSabar dalam hal Amarah yaitu murah hati dan bijaksana
Jadikan sabar dan sholat sebagai penolong

December 15, 2011 at 9:42 AM

@NufusAlhamdulillah...
Nanti PRnya di buatin posting tersendiri deh.. insya Allah

December 15, 2011 at 9:43 AM

@uchankBetul Uchank..., banyak kisah2 Rasulullah yg harus ditauladani

December 15, 2011 at 9:44 AM

@KAIFAAlhamdulillah...,salam kenal juga, sdh follback

December 15, 2011 at 9:46 AM

@Andro Bhaskarayups setuju...buah dari kesabaran salah satunya akan terciptanya kedamaian dan keindahan

December 15, 2011 at 9:46 AM

@Accilong ikut meng-amin-i Achi...

December 15, 2011 at 9:49 AM

@auramanKang Aulia ternyata bentuk kesabaran tidak harus diam dan pasrah dgn keadaan, tapi amar makruf nahi mungkar adalah bentuk kesabaran juga

December 15, 2011 at 9:51 AM

@Rohis Facebookalhamdulillah sama2 mengingatkan

December 15, 2011 at 9:52 AM

@gheaTerimakasih udah berkunjung

December 15, 2011 at 9:52 AM

@AriSangat setuju...

December 15, 2011 at 9:54 AM

@armaetadinya saya juga mikir gitu Rie, setelah mengkaji lagi, ternyata namanya sabar ada dlm segala aspek kehidupan

December 15, 2011 at 9:56 AM

@Anna AQyuanAmin ya Robbal alamin...

December 15, 2011 at 9:57 AM

@rusdah hayati sesungguhnya Allah dekat dan bersama orang yang sabar

December 15, 2011 at 9:58 AM

@Nick SalsabiilaMakasih Nick..., saya yakin dan percaya Nick bagian dari orang2 yg sabar

December 15, 2011 at 10:00 AM

@rusydi hikmawanBetul pak guru, sabar itu butuh perjuangan dan latihan dgn istiqomah..

December 15, 2011 at 10:04 AM

@®obinhutSabar dalam hal Amarah yaitu murah hati dan bijaksana

December 15, 2011 at 10:05 AM

@Alprablog™Setuju sekali sobat...

December 15, 2011 at 10:19 AM

@BlogS of HariyantoInsya Allah..., makasih inputnya

December 15, 2011 at 10:22 AM

@msdienzkalau kita sabar, tp yg disabarin nglunjak...ya bukan urusan kita, resiko kan dia sendiri yg nanggung,

"Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya kelak pasti akan dimintai tanggung jawabnya." (Al Isra' 36)

December 15, 2011 at 10:23 AM

@Dakwah SyariahAlhamdulillah..., syukron Akhi yg sdh nyempatin silaturrahmi disini..., salam ukhuwah selalu

December 15, 2011 at 10:24 AM

@Rama88Amin ya Robbal alamin

December 17, 2011 at 5:14 PM

tulisan yang bagus mas, makasih dah berbagi .......

December 17, 2011 at 11:45 PM

@muhammad ridwan.Alhamdulillah...

December 21, 2011 at 11:02 AM

sesah y sabar th...

December 21, 2011 at 7:44 PM

Latihan sabar karena ternyata sabar itu sulit dilakukan

December 21, 2011 at 10:51 PM

@hany widiartisusah-susah gampang, susah kalau tdk mencoba, gampang kalau tau manfaatnya sabar

December 21, 2011 at 10:58 PM

@Dhidhitmari selalu dan selalu melatih kesabaran

December 26, 2011 at 1:16 PM

Semoga kita semua selalu diberi kesabaran dalam menghadapi segala cobaan hidup.

January 14, 2012 at 12:25 PM

INNALLAHA MA'ASHAABIRIIN
sabar menang perlu perjuangan keras dengan jihat Hati ....
semoga kita selalu menjadi orang yang sabar
karena intinta Allah tak akan menimpakan sebuah masalah yang kita sendiri tidak mampu nenghadapinya , ini berarti apapun yang ditimpakan yakinlah kita sanggup :)

February 3, 2012 at 9:55 PM

Sabar tidak berarti diam tanpa perlawanan. Kesabaran akan tercapai bila kita memiliki tujuan. Langkah dalam pencapaian tujuan akan mengalami hambatan ataupun dorongan. Kesemuanya itu adalah ujian bagi kita. Jangan lengah oleh pujian. Jangan marah oleh cercaan. Bila salah satunya membuat kita berhenti dalam pencapaian tujuan berarti kita masih belum bisa dikatakan sabar.

February 18, 2012 at 11:22 AM

semoga kita semua dijadikan orang2 yang sabar dalam menghadapi segala cobaan..

February 18, 2012 at 11:24 AM

ada orang yang beranggapan kesabaran ada batasnya...padahal itu sangatlah salah besar mengapa begitu klo orang sudah berkata kesabaran ku sudah habis maka orang itu keimanannya masih lemah..hehehee

August 19, 2012 at 10:09 AM

Astaghfirullahaladziim.... 3x
Makasih untuk postingan yang menginagtkan ini...
Mohon maaf ya mas Insan...

February 6, 2013 at 2:25 PM

nice post..
sangat bermanfaat sekali..

June 10, 2013 at 1:15 PM

andaikan sabar ada yang jual mas .... aku mo beli yang banyaaakkk ;)

July 31, 2013 at 12:56 PM

Seringnya saya khilaf dan tingkat kesabaran cepet terkikis kalo lagi di dalem ruangan kantor karena... ah sudahlah..

Terima kasih banyak bacaannya pak.. Beruntung bisa baca yang satu ini :)

September 4, 2013 at 2:02 PM

kalo kita sudah menguasai sabar, insya allah untuk kelakuan kita juga akan baik.

September 16, 2013 at 1:53 PM

nice post mas :)
sabar dulu, sabar lagi, sabar teruuss :)

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes