Friday, October 7, 2011

Persahabatan Yang Lebih Dari Persahabatan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahim…
Sejujurnya saya bukanlah orang yang pandai merangkai kata-kata indah seperti sahabat bloofers yang lain, mereka sungguh ahli mengemas kalimat demi kalimat menjadi sebuah tulisan yang bisa dinikmati pembacanya…, tapi tak apalah saya akan tetap menjadi diri saya sendiri, walau dengan segala keterbatasan dan kekurangan, saya tetap mencoba ikut berpartisipasi di event “Just for Fun” yang diprakarsai oleh kang Yudy ama kang Andy, (toh tidak ada penilaian ini). Tema yang diusung adalah “Persahabatan Lebih dari Persahabatan” waow... tema yang luar biasa, sebuah gambaran betapa Bloofers sangat mengutamakan makna persahabatan,

Kali ini saya tidak akan menceritakan tentang kisah persahabatan sendiri, karena memang tidak ada yang istimewa untuk diceritakan disini, saya hanya ingin menulis tentang persahabatan dari sudut pandang yang berbeda, kalau boleh saya katakan ini sebuah pesan untuk sahabat bloofers dan khususnya untuk diri sendiri

Persahabatan adalah sesuatu yang sangat agung didalam Islam bahkan Rasulullah begitu memuliakan orang-orang shalih disekitarnya dengan sebutan yang sangat agung, yaitu SAHABAT, disini saya tidak menyamakan kehidupan Rasulullah bersama para Sahabat dengan kehidupan para Bloofers, tapi tidak ada salahnya kan bila kita mencontoh perilaku Rasulullah, karena beliaulah yg patut kita teladani, Rasulullah juga sangat menekankan kepada kita agar jeli memilih teman apalagi seorang sahabat seperti sabda beliau:

“Seseorang itu berada pada agama teman karibnya, maka hendaklah salah seorang diantara kalian melihat siapa yang menjadi temannya" (HR Abu Daut, At-Tirmidzy dan Ahmad)

Ini sebuah acuan dasar bagi kita agar tetap melihat makna persahabatan serta apa tujuan dari persahabatan itu sendiri, begitu banyak persahabatan yang berakhir ditengah jalan karena tanpa didasari dengan akhlak yang baik, maka tidak salah apabila dalam islam menempatkan akhlak sebagai syarat penting terhadap kokohnya sebuah persahabatan, yaitu akhlak yang baik kepada Allah Ta’ala, akhlak yang baik kepada rasulnya, akhlak yang baik kepada sesama dan akhlak yang baik kepada diri sendiri.

“Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan orang mukmin pada hari Kiamat selain dari akhlak yang baik” (HR. At-Tirmidzi, Ahmad dan Bukhary)

Selain akhlak yang baik maka yang sangat penting kita jaga adalah persahabatan harus dilandasi adanya kesamaan akidah serta keimanan, karena sahabat itu diibaratkan suatu rangkaian kesatuan dalam anggota tubuh kita, apabila satu sakit maka yg lain merasakan sakitnya pula, apabila satu gembira yang lain juga merasakan kegembiraan juga, itu tidak akan bisa dilakukan kecuali oleh orang-orang yang beriman. Yaitu mencintai Karena Allah, membenci karena Allah, bersahabat karena Allah berpisahpun karena Allah, silahkan baca postingan saya sebelumnya “Pengaruh Cinta Karena Allah”

Nah, dari slogan tersebut mari kita wujudkan persahabatan Bloofers menjadi sebuah persahabatan yang lebih berkualitas bukan hanya sekedar persahabatan yang sifatnya duniawi tapi terlebih pada persabatan yang hakiki sampai dinegeri yang abadi

Mari kita syukuri talenta yang diberikan-Nya dengan dengan memberi kontribusi positif berupa karya-karya yang mengandung kebaikan dan kemaslahatan umat serta membiaskan cahaya kedamaian dan kasih sayang dalam ikatan tali ukhuwah Islamiyah

Saya menaruh harapan serta ekspetasi tinggi agar BLOOF (Blog of Friendship)  bisa menjadi media yang baik dan santun bisa menampung aspirasi para bloofers dalam mewarnai dunia per-blogger-an dengan warna yang indah yang bernuansa Islami, dan menjadikan Persahabatan menjadi berkualitas bukan hanya sekedar persahabatan biasa, hidup hanya sekali manfaatkan sebaik mungkin untuk kebaikan, akan sangat merugi jika usia kita dihabiskan untuk kesia-siaan

"Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya kelak pasti akan dimintai tanggung jawabnya." (QS: Al Isra' 36)

Sebagai penutup tulisan ini ingin kupanjatkan doa untuk pembaca semua
"Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."  Amin Ya Rabbal Alamin

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


44 comments

October 7, 2011 at 2:13 PM

aku tetep amenanti kawan ^^ indahnya berbagi

October 7, 2011 at 2:47 PM

WKakwkawka...
ada-ada aja nih.
kesambet sama setan Wwkkwkwkww nya si kang yudi nih.

October 7, 2011 at 3:02 PM

wakakakaaka... padahal tadi dah lari-lari kemari.. eeeh taunya "tuan rumah sedang pergi" beeuuh...

October 7, 2011 at 3:20 PM

Okke saya permisi mas Insan, numpang lewat dan meninggalkan jejak yah.. ^_^

*AnnaAQyuan

October 7, 2011 at 5:30 PM

Assalamualaikum....
Tidak ada panggilan,,,
Yaudah pulang lagi ah T_T

October 7, 2011 at 7:25 PM

Bisa begini idenya yah...hehehe
Ditunggu dech

October 7, 2011 at 7:40 PM

Pena hadir dan absen malam sob...
Postingannya belum dibuat toh...pena menunggu nih

October 8, 2011 at 1:13 PM

Banyak banget judul posting kaya gini yang Saya temui. Ini buat kontes SEO ya?

October 8, 2011 at 2:11 PM

Assalamualaikum .
kunjungan pertama nih salam kenal :)

October 8, 2011 at 3:51 PM

Salam kenal..
Salam bloofer..
salam persahabatan..
:D

October 8, 2011 at 4:36 PM

sahabat oh sahabat... tunggu postinganku juga... hhe.. ^____^
nice mas insan.. salam persahabatan... :D

October 8, 2011 at 4:59 PM

sarat makna postingannya... kereeen...

"Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."

Amiin.. amiin yaa Rabb..

October 8, 2011 at 5:23 PM

silaturahmi aja deh disini,, gak ngerti maksud postingannya,, heheheh,, happy blogging aja sob,, :D

October 8, 2011 at 7:03 PM

mantab sobat kau selalu mengaitkan segala sesuatunya dengan agama, muslim sejati dirimu sobat.

Salam Persohiblogan ^_^

October 9, 2011 at 12:34 AM

wa'alaikumsalam warohmatulloh..
salam ukhuwah juga kang insan.. ^_^

October 9, 2011 at 1:55 AM

yup.. jangan sampai rasa kedengkian menjadikan persahabatan yang lebih dari persahabatan ini hambar.. karena sy masih ingin merasakan kenikmatannya... Subhanallah..

October 11, 2011 at 10:30 AM

Amiiin.... Tulisan yang memotivasi untuk selalu bersahabat..dan menjaga persahabatan itu dengan baik,,,,
mantap..!!!

October 11, 2011 at 10:39 AM

allahumma aamiin.. tulisannya indah mas..
sangat indah dengan diselipkan ayat2 cinta Allah :)
semoga persahabatan ini menjadi sesuatu yang indah sampai nanti.
salam ukhuwah :)

October 11, 2011 at 10:48 AM

nice artikel mas,love,peace and gaul.

October 11, 2011 at 9:59 PM

Semoga persahabatan di Bloof tetap terjaga.

February 17, 2012 at 8:58 PM

artikelnya bagus mas, semoga menjadi persahabat yang hakiki. amin

February 19, 2012 at 11:19 AM

@SaladineCodeinsya Allah, berbagi dlm kebaikan

February 19, 2012 at 11:20 AM

@uchankSetannya yang kesambet sama Yudy

February 19, 2012 at 11:21 AM

@Tieini sudah kembali mbak Tatie

February 19, 2012 at 11:22 AM

@AnnaAQyuanmampir dulu sambil nge-teh

February 19, 2012 at 11:23 AM

@arr rianwaalaikumsalam..., minum teh dulu Rian

February 19, 2012 at 11:23 AM

@cardiackujangan bosen mampir di sini

February 19, 2012 at 11:24 AM

@tautanpenaalhamdulillah postingan sdh kelar

February 19, 2012 at 11:24 AM

@Tukang Posiya nih ulah ide kang yudy sama kang andy

February 19, 2012 at 11:25 AM

@Muhaimin A Untungsalam kenal dan salam bloofers

February 19, 2012 at 11:26 AM

@k[A]zSalam kenal juga

February 19, 2012 at 11:26 AM

@Anggasip saya tunggu, salam persahabatan Angga

February 19, 2012 at 11:27 AM

@TieAlhamdulillah,,, makasih mbak, saya ikut meng-amin-i...

February 19, 2012 at 11:28 AM

@Rama88hehehe.. lama2 nanti juga ngerti

February 19, 2012 at 11:28 AM

@Andy OnlineSalam ukhuwah kang Andy

February 19, 2012 at 11:30 AM

@Andro Bhaskaraamin..., semoga persahabatan akan langgeng, yang diikat oleh sebuah keyakinan yg sama

February 19, 2012 at 11:30 AM

@Latifah Ratihterimakasih, alhamdulillah kalau bisa memotifasi dlm kebaikan

February 19, 2012 at 11:31 AM

@saryadinilanmakasih mas, salam persahabatan penuh kasih sayang

February 19, 2012 at 11:31 AM

@Susindraamin..., semoga ya mbak Susi

February 19, 2012 at 11:32 AM

@Faizal rinzanimakasih mas Faizal, semoga ya..

February 19, 2012 at 11:34 AM

@auramanmakasih ya mas, mudah2an, itu harapanku

February 19, 2012 at 11:35 AM

@Irma Devi SantikaTerimakasih, semoga harapan kita dikabulkan, salam ukhuwah

May 24, 2012 at 8:17 AM

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

May 24, 2012 at 8:19 AM

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes