Friday, May 18, 2012

Apakah Ihsan

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmanirahim
Alhamdulillah setelah membaca buku Mahabbah Ilaiyah karya Syaikh Syahdad bin Mahmud Ash-Shawi, sungguh menarik untuk menjadi bahan kajian kita, rasanya tidak ada salahnya jika Saya share di blog ini.
Saya ingin sedikit membahas masalah IHSAN, seperti firman Allah Subhanahu wa Ta A'la

"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (QS. Al Baqarah : 195)
 
"Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (QS. Ali Imran : 134)
 
"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (QS. Al Maidah : 13)

Apakah makna Ihsan..?

Search from Google
Ihsan adalah dasar agama. Ketika Jibril Alaihissalam datang kepada Rasulullah dan menanyakan kepada beliau tentang Islam, Iman dan Ihsan, maka setelah itu beliau bertanya kepada para sahabat. "Tahukah kalian, siapakah yang bertanya itu?" Para sahabat menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih tahu" maka beliau berkata, " Dia adalah Jibril yang datang kepadamu untuk mengajarkan tentang agamamu.
     Ihsan menempati posisi tertinggi dalam agama, merupakan indikasi kokohnya hati dalam mengenal Allah Azza wa Jalla. Kata Ihsan berasal adari kata "Husn" yang maknanya adalah Indah atau Bagus, atas dasar makna ini kata Ihsan bermakna  membaguskan atau memperindah lahir dengan cara kepatuhan totalitas kepada syariat Allah dan membaguskan atau memperindah bathin dengan cara menyempurnakan keikhlasan kepada Allah

Ihsan mempunyai 2 tingkatan
1. HASAN (bagus, indah, baik)
2. AHSAN (paling bagus, palng indah, paling baik) 

Jika di uraikan kurang lebih artinya apabila seorang muslim tidak mampu melakukan yang paling bagus, paling indah dan paling baik, minimal berbuat yang bagus, indah dan baik, karena jika tidak melakukan keduanya sudah dipastikan seorang muslim akan berbuat sesuatu keburukan yang merupakan hal-hal yang dilarang oleh Allah, untuk itu Ihsan sangat diwajibkan untuk umat Islam, seperti firman Allah

"Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan" (QS. An Nahl : 90)

Dan Sabda Rasulullah "Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala mewajibkan Ihsan (kebaikan) pada setiap sesuatu"


Siapakah orang-orang yang berbuat ihsan ?

1. Mukmin yang Hakiki
"Tidak ada dosa bagi orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan yang saleh karena memakan makanan yang telah mereka makan dahulu, apabila mereka bertakwa serta beriman, dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh, kemudian mereka tetap bertakwa dan beriman, kemudian mereka (tetap juga) bertakwa dan berbuat kebajikan. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (QS. AL Maidah : 93)

2. Orang yang bertakwa dan Sabar
"Sesungguhnya barang siapa yang bertakwa dan bersabar, maka sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik" (QS : Yusuf : 90)

3. Mereka Yang Berjihad
"Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik." (QS. Al Ankabut : 69)

4. Mereka yang berinfak dikala senang dan susah dan menahan amarah serta menyebar maaf kepada manusia.
"(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (QS. Ali Imran : 134)

5. Orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat dan yakin akan hari kiamat
"Alif Laam Miim. Inilah ayat-ayat Al Quran yang mengandung hikmat, menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan, (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka yakin akan adanya negeri akhirat." (QS. Luqman : 1-4)

6. Mereka yang melakukan qiyamullail, beristighfar diwaktu sahur dan bersedekah.
"Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar. Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian." (QS. Adz Dzaariyaat : 16 - 19)

7. Yang Berkorban apa saja di jalan Allah dan tidak punya keinginan dibalik pengorbanannya itu kecuali maghfirah dan tingginya kalimat "Laa Ilaaha Illahhaah" 
"Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar. Tidak ada doa mereka selain ucapan: "Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan." (QS Ali Imran 146 - 148)

Cara Mencapai Tingkatan Ihsan
Cara mencapai tingkatan Ihsan terangkum dalam Hadist Rasulullah
"Ihsan Adalah engkau menyembah/mengabdi kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, jika kamu tidak dapat melihat-Nya, sesungguhnya Dia melihatmu"

Tingkatan Ihsan ada dua
Ahsan (paling bagus) adalah engkau menyembah/mengabdi kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, jika tidak mampu mencapai tingkatan ini maka lakukan ibadah, pengabdian secara berkesinambungan bahwa kita selalu dilihat Allah Ta'ala (Hasan)

Sering kita mempertanyakan "apakah mungkin kita bisa mencapai tingkatan Ihsan ?"
Kalau mau jujur sebenarnya pertanyaan itu tidak perlu disampaikan, karena hanya membuat kita menjadi malas untuk berusaha mencapai yang terbaik, mari diubah pola pikir kita karena seorang muslim harus selalu bersemangat untuk mencapai yang terbaik.

Seperti sabda Rasulullah: "Jika engkau meminta kepada Allah, mintalah Firdaus, surga tertinggi" (HR Thabarani)

Dari hadist itu menggambarkan bahwa seorang muslim tidak boleh patah semangat untuk mencapai tingkatan tertinggi dalam hidup maupun agama untuk meraih kehidupan yang lebih baik

Allah Ta'ala berfirman:
"Sesungguhnya Akhirat itu lebih baik bagi kamu daripada dunia" (QS. Adh-Dhuha : 4)

"Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal" (QS. Al A'la : 17)
Untuk itu sebagai orang Islam, harus tetap berpikir bagaimana untuk mendapat Mahabbatullah dan meraih Rahmat-Nya, kita harus berusaha secara berkesinambungan untuk meraih Ihsan tertinggi, jika kita belum mampu mencapainya minimal kita akan mendapat pahala atas usaha yang telah kita lakukan.

Semoga kita menjadi hamba yang selalu berusaha berubah menuju kebaikan dari waktu ke waktu dan dari hari ke hari.   Amin ya Rabbal alamin
 
Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 




 

55 comments

May 18, 2012 at 8:23 PM

Masih sulit untuk menjadi seorang manusia yg berinsan, kak.
Masih jauh...
pengen mengajak orang lain berbuat ihsan, tapi kenapa, yaa, masih belum bisa membuka hatinya untuk berubah?

#syukron notenya

May 18, 2012 at 8:24 PM

Ohya, maaf, belum jawab salamnya..
Wassalaamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh..
(Huruf Lam-nya panjang 2 harakat, kn?)

May 18, 2012 at 9:56 PM

@An Maharani Bluepenmemang sulit, tp jika mau istiqomah, insya Allah akan terasa ringan.

eh tugas kita cuma menyampaikan, masalah membuka hati hanya Allah yang bisa.

May 18, 2012 at 9:56 PM

@An Maharani Bluepenterimakasih koreksinya adik...

May 19, 2012 at 2:07 AM

Jazakallau khair atas artikel ini, aku juga pernah nulis tenteng ihsan di sini :http://jabanahsadah.blogspot.com/2012/02/ihsan-dalam-segala-hal.html

May 19, 2012 at 2:13 AM

Wa'alaikummussalam Warahmatullahi wabarakatuh... "apakah mungkin kita mencapai tinggkatan Ikhsan..??" jangan bertanya tapi boleh berharap kan mas..?? hehehehehe...

May 19, 2012 at 6:59 AM

Terima kasih sahabat atas berbagi pencerahannya ini

May 19, 2012 at 9:09 AM

note yg keren kak Ihsan..eh Insan
hehe.. ^^d

terima kasih sudah berbagi kebaikan ;)

May 19, 2012 at 10:47 AM

@I'am SadahAlhamdulillah posting kita saling melengkapi...

May 19, 2012 at 10:55 AM

@Andro Bhaskarahmm... berharap mencapai ihsan tentu sangat dianjurkan, karena Islam sangat menganjurkan umatnya menjadi umat yang terbaik.
jadi intinya khauf dan raja' disertai mahabbah...

May 19, 2012 at 10:56 AM

@Blog Keperawatansama-sama, blognya sahabat tidak kalah bagusnya kok, terimakasih kunjungannya

May 19, 2012 at 10:58 AM

@CLk7makasih Yuni, karena hanya ini yg bisa aku lakukan, menyampaikan dan menyampaikan..., selebihnya biar Allah Ta'ala yg menentukan

May 19, 2012 at 12:07 PM

Hmm, pernah dapet materi ini di mentoring mas :)
Luar biasa..

Jadi tidak perlu ya kita mempertanyakan "apakah mungkin kita bisa mencapai tingkatan ihsan?"

Nice post, mas :)

Dapat pencerahan kembali ^_^

May 19, 2012 at 12:37 PM

"Sungguh Allah wajibkan kamu berlaku ihsan (dengan baik dan maksimal) dalam segala hal" HR. Muslim

ah semoga, Aamiin..

May 19, 2012 at 1:02 PM

selalu dapat ilmu kalo main ke sini...
latihan ihsan mulai dari yang terkecil, dari diri sendiri dan mulai saat ini. semoga Alloh kumpulkan kita dalam kelompok orang2 ihsan dan muslih

May 19, 2012 at 10:34 PM

Semoga kita semua bisa mencapai muslim yang ihsan ya Pak. Iman, Islam, dan Ihsan layaknya segitiga sama sisi yang ketiga sisinya saling mendukung. seorang mukmin tidak hanya memiliki iman dan islam, tetapi juga ihsan

May 20, 2012 at 12:13 PM

Masih selalu mencoba untuk tetap menjaga amanah yang diberikan, terutama saat diri ini menjadi seorang pemimpin kelak, pemimpin keluarga, instansi dan negara. Semoga pintu untuk selalu belajar menjadi baik selalu dibukakan dan dipermudah untuk mencapai ihsan tersebut.

May 20, 2012 at 1:14 PM

@Sri Efriyanti Harahapwah kereeen tuh, bisa dibagi juga dong ilmunya,

eh makasih ya Efriyanti udah berkunjung, saling mengingatkan deh

May 20, 2012 at 1:16 PM

@NFwah terimakasih sudah menambahkan dan melengkapi posting diatas..

nice

May 20, 2012 at 1:17 PM

@Rima AuliaAlhamdulillah, kalau ada manfaatnya, karena Rima jg byk memberi masukan dan mengingatkan, jadi intinya saling mengingatkan ya

May 20, 2012 at 1:19 PM

@lizayups setuju sekali, komentar yang bagus, termakasih sdh melengkapi postingan datas

May 20, 2012 at 1:21 PM

@auramanwau komentar yang sangat bijak, tetap semangat mas Aulia, saya percaya insya Allah mas Aulia bisa menjadi pemimpin yang amanah

May 20, 2012 at 1:48 PM

Assalamualaikum pak, kunjungan perdana. terima kasih sharing ilmunya

May 20, 2012 at 5:39 PM

cuma mau bilang..makasih bertubi tubi untuk sharenya kak...
dari dulu aku bilang,..slalu bisa tarbiyah disini^_^

May 20, 2012 at 7:33 PM

ya Allah.. kapankah aku bisa menjadi manusia Ihsan itu sebelum malaikat menjemput?

sebuah perenungan,
keren :D

May 20, 2012 at 8:13 PM

@Lidyawaalaikumsalam Teh Lidya, terimakasih udah mau berkunjung

May 20, 2012 at 8:15 PM

@Phuji Astuty LipiAduh si Uty bisa ajaaa.., Alhamdulillah habis baca2 buku dishare disini

May 20, 2012 at 8:17 PM

@Adlina Haezahyang penting tetep semangat dan berusaha sebatas kemampuan untuk mencapai derajad ihsan, setiap usaha ada nilainya bagi Allah

May 21, 2012 at 8:13 AM

"Ihsan Adalah engkau menyembah/mengabdi kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, jika kamu tidak dapat melihat-Nya, sesungguhnya Dia melihatmu"

sebuah rahasia yang sebenarnya tidak harus menjadi rahasia, tapi hal yang harus di lalui oleh setiap orang yang mengaku muslim. terimakasih untuk ilmu yang indah ini kang insan. aku rindu saat saat mengecap lezatnya ibadah seperti itu lagi.

semoga kita bisa (dan harus bisa) untuk menjadi orang oarang yang ihsan.

amin ....

May 21, 2012 at 12:38 PM

@MUHAMMAD RIDWANAmin, ya Rabb.
Yang terpenting adalah kita berupaya semaksimal mungkin, biarlah Allah yang kan menilainya.

May 21, 2012 at 2:11 PM

Membaca bagian yang ini "Jika engkau meminta kepada Allah, mintalah Firdaus, surga tertinggi" (HR Thabarani) jadi ingat apa yang sering sekali disampaikan oleh ustadz Yusuf Mansur,.

May 21, 2012 at 2:48 PM

Trima kasih, postingan ini mengingatkan sekali, semoga saya bisa merubah pola hidup menjadi lebih ihsan syukur-syukur bisa sampai Ahsan Amiin..

May 21, 2012 at 8:12 PM

@Abi Sabilasetuju sama mas Abi Abila, tugas kita berusaha semaksimal mungkin, setelah itu biar Allah yg menilainya

May 21, 2012 at 8:14 PM

@armaeberarti memang kita tdk boleh setengah2 berharap pada sang Robb, harus meyakini kemampuan Alloh

May 21, 2012 at 8:15 PM

@yuniarinuktiamin, semoga mbak Yuni dan keluarga selalu diberi kemampuan untuk mencapai derajad ihsan tertinggi

May 21, 2012 at 8:17 PM

@MUHAMMAD RIDWANinsya Allah jika kita istiqomah dlm berusaha dan menjalankan semua nya akan dimudahkan-Nya

May 22, 2012 at 9:01 PM

Terimakasih untuk postingannya, Amin untuk doanya..

May 23, 2012 at 2:14 AM

Wa'alaikum salam warahmatullah wabarakatuh..

Menyimak ya Mas, yang jelas semoga bisa meniti jalan menuju insan yang ihsan, amiin:)

May 23, 2012 at 8:19 AM

Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

May 23, 2012 at 8:10 PM

@.syamterimakasih juga untuk kunjungannya, semoga betah..

May 23, 2012 at 8:11 PM

@Ririe KhayanTerimakasih Ririe, semoga dirimu selalu dimudahkan menuju derajad ihsan,, amin

May 23, 2012 at 8:12 PM

@outbound di malangjaka sembung makan permen... gak nyambung men....

May 25, 2012 at 12:01 PM

subhanallah, jadi lebih semangat setelah membaca postingan ini kang.. Allah saja menyuruh kita untuk selalu meminta yang terbaik, kenapa kita juga tidak selalu memberikan yang terbaik untukNya.. semoga Allah selalu menjaga dan menebalkan iman kita.. :)

May 25, 2012 at 10:06 PM

@dhenok habibiesaya juga makin semangat setelah baca komenmu dhe...
makasih ya... lama gak nampak

May 26, 2012 at 8:07 PM

trims atas pencerahannya mas Insan... dan trims atas doanya... semoga kita diberi kemudahan untuk mewujudkan keinginan berlaku ihsan ya mas...... Insyaallah, amin.

May 26, 2012 at 9:58 PM

terimakasih tulisanya, akan sangat bermanfaat sekali jika apa yg sudah tertuang makna tulisan di atas bisa segera di sikapi sebagai upaya dari hal menuju kebaikan, untuk sesuatu yg punya tujuan baik, dari niatnya saja sudah mendapatkan pahala, insya Allah ya kang hehe...

May 27, 2012 at 9:51 AM

semoga kita mendapat hidayah sehingga bisa termasuk dalam golongan ihsan :)

May 27, 2012 at 12:42 PM

@alaika abdullahsama-sama mbak, terimakasih untuk kunjungannya, selalu mengaminkan doa2nya

May 27, 2012 at 12:44 PM

@Yayack Faqihbetul mas, itulah indahnya Islam dan kemurahan Allah, kita baru niat untk berbuat baik saja sdh dihitung dengan pahala... subhanallah

May 27, 2012 at 12:44 PM

@BlogS of HariyantoAmin...
selalu mengaminkan doanya..

terimakasih silaturahminya

May 28, 2012 at 9:14 AM

Pas baca artikel ini, jadi ingat kembali materi yang pernah saya dengar di sekolah. Seorang kakak bilang, "Kita memang tidak pernah melihat Allah, tapi Allah melihat kita.." Itulah Ihsan, berbuat karena Allah.. Ihsan dan ahsan..
Syukran untuk review materi ini.. Barakallaahu fiik ^^

May 28, 2012 at 1:09 PM

@Bianglala Basmahalhamdulillah... itulah pentingnya tulisan, bisa untuk mengingat2 suatu saat nanti

May 29, 2012 at 12:40 PM

ihsan, berarti melakukan serasa dilihat Allah, sulit...
tapi kalo ingin kita sederhanakan
mirip dengan orang yang ketika bekerja, bekerja begitu maksimal, begitu hati-hati, begitu teliti, karena diawas oleh majikannya

May 30, 2012 at 3:31 PM

@rumah bukubetul sekali, jika kita bisa merasa diawasi, insya Allah akan bersikap yg baik2

June 2, 2012 at 3:32 PM

artikel yang sangat berbobot nih,,, signifikan dan sangat konkrit,,,, salam kenal aja dan semoga artikelnya bermanfaat,,,

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes