Friday, January 27, 2012

Melatih Anak Sejak Dini

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ketahuilah bahwa anak adalah amanat bagi orang tuanya, hatinya bak mutiara yang masih murni, siap untuk dibentuk macam apapun. Jika dibiasakan pada kebaikan Insya Allah dia akan tumbuh pada kebaikan itu. Orang tua dan pendidik sama-sama dapat pahala. Jika anak dibiasakan pada keburukan, maka dia akan tumbuh pada keburukan pula. Orang tua dan walinya mendapat dosa karenanya, maka wali harus menjaga, mendidik dan mengarahkan, membimbing dan mengajari anak dengan akhlak-akhlak yang baik, melindungi dari pengaruh-pengaruh yang buruk, tidak membiasakan hidup dengan kemewahan, tidak membuatnya suka pada kesenangan, agar kelak besar nanti hidupnya tidak habis hanya untuk mencari kesenangan itu

devon ngajinya yang rajin ya nak...
Sejak dini anak harus mendapat pengawasan, dia tidak boleh disusui dan diasuh kecuali oleh wanita yang shalihah, taat beragama serta memakan makanan yang halal. Sebab air susu yang berasal dari makanan yang haram tidak akan mendatangkan barakah, jika anak sudah memasuki masa puber sifat yang lebih menonjol adalah rasa malu, maka itu merupakan tanda yang menggembirakan, karena menunjukkan kedewasaan akalnya setelah remaja nanti, karena dia harus dilatih untuk memiliki rasa malu.

Adapun kebiasaan dari sifat-sifat yang mudah menjurus kepada keburukan adalah masalah makan, karena itu dia harus diajari dengan adab-adab makan, dibiasakan makan yang sederhana asal mencukupi kebutuhan gizi, agar tidak terbiasa dengan lauk pauk yang berlebihan, yang pada akhirnya menjadi keharusan baginya, dia harus ditegur jika makan terlalu banyak yang menyerupai nafsu makannya binatang, dia harus dibiasakan dengan pakaian warna putih yang tanpa corak bermacam-macam dengan segala hiasannya, anak laki-laki harus diingatkan tentang keadaan wanita dan orang-orang yang menyerupai wanita, mengingatkan agar jangan banyak bergaul dengan anak-anak lain yang terbiasa hidup mewah, sebagai gantinya diberinya kesibukan dengan membaca dan belajar Al Qur’an, hadist dan ilmu-ilmu agama, agar tertanam dalam hatinya kecintaannya pada orang-orang yang shalih dan tidak larut dalam syair-syair yang bernadakan cinta serta kasih sayang yang berlebihan.

Selagi anak-anak menampakkan akhlak-akhlak yang baik dan perbuatan yang terpuji, maka harus dihormati dan tidak ada salahnya jika diberi hadiah agar dia senang, sesekali boleh memujinya di hadapan orang lain, tapi sebaliknya bila dia berbuat salah, maka apa yang diperbuatnya tidak perlu disampaikan pada orang lain, jika melakukan perbuatan yang tidak terpuji dia harus dinasehati dan sesekali boleh ditakut-takuti tentang dampak kesalahannya tanpa harus diketahui oleh orang lain, tetapi tidak boleh terlalu sering mencelanya, karena akan membuat dirinya terbiasa mendengar kata-kata cacian. dan dampak terburuknya membuat si anak jadi minder

Peran Ibu dan ayah haruslah sama dan seimbang, jangan dibiasakan anak tidur siang, karena kebiasaan tidur siang akan menimbulkan rasa malas, tetapi mengharuskan segera tidur malam, dengan cara tidur yang baik, agar angota badannya terasa nyaman. Anak juga harus dibiasakan sederhana dalam masalah tempat tidur, makanan dan pakaian, dibiasakan banyak bergerak, berjalan dan olah raga agar tidak membuat badannya jadi malas dan lemah, anak juga harus dilarang membanggakan sesuatu yang dimiliki orang tuanya kepada teman-temannya, dibiasakan tawadhu’ dan menghormati orang lain. 

Anak dilarang mengambil sesuatu apapun dari anak lain, dia harus diberitahukan bahwa mengambil barang orang lain adalah perbuatan yang hina dan dosa, anak juga dibiasakan tidak meludah dekat tempat duduknya, tidak mengeluarkan ingus dari hidungnya, tidak menguap dihadapan orang lain, tidak menumpangkan satu kaki diatas kaki yang lain dan tidak boleh terlalu banyak berbicara, harus mendengarkan perkataan lawan bicaranya, terlebih kepada orang yang lebih tua darinya, Anak dilarang ikut nimbrung dalam pembicaraan dan mencuri perkataan orang lain.

Anak diberi mainan yang baik sepulang sekolah, agar bisa istirahat dari kekelahan sehabis belajar disekolah sebuah pepatah mengatakan dalam hati yang mengaso dan tenang membangkitkan dzikir. Anak dibiasakan taat kepada orang tua dan gurunya. Jika anak sudah berumur tujuh tahun maka harus disuruh mengerjakan shalat dan tidak ada kelonggaran dalam mengerjakan shalat agar dia terbiasa, anak harus ditakut-takuti tentang dusta khianat. Jika sudah menginjak usia remaja maka semua masalah ini harus dijelaskan dan dijabarkan.

Ketahuilah, makanan itu sama dengan obat, tujuan makanan adalah untuk menguatkan badan, meningkatkan ketaatan kepada Allah. Tidak ada yang abadi didunia, kematian pasti akan memutuskan kenikmatan yang setiap saat siap menunggu, orang yang berakal adalah orang yang mencari bekal untuk akhiratnya, jika pertumbuhan baik maka hatinyapun baik sebagaimana batu mulia yang sudah dibentuk dengan baik

Sahl bin Abdullah berkata, “Saat itu aku masih berumur tiga tahun, suatu malam saya terbangun dari tidur dan menunggui shalat pamanku, Muhammad bin Siwar.". Suatu hari paman berkata padaku, "Tidakkah engkau mengingat Allah yang telah menciptakan dirimu?”, “Bagaimana aku mengingat-Nya?” aku balik bertanya. “katakan di dalam hatimu tiga kali tanpa menggerakkan lidah, Allah besertaku, Allah melihatku, Allah menyaksikan aku”.
Jika malam hari aku mengucapkan didalam hati seperti itu, hingga dapat mengenal-Nya, lalu paman berkata lagi kepadaku, “Ucapkan yang seperti itu setiap malam sebelas kali!”
 
Maka kulakukan sarannya, sehingga didalam hatinya ada sesuatu yang terasa nikmat. Setahun kemudian paman berkata kepadaku, “Jaga apa yang sudah kuajarkan kepadamu dan terus laksanakan hingga engkau masuk liang kuburmu”
Maka sarannya itu terus kulaksanakan hingga aku benar-benar merasakan kenikmatan dalam batinku. Kemudian paman berkata kepadaku “Wahai Sahl, siapa yang Allah besertanya, melihat dan menyaksikan diri-Nya, maka mana mungkin dia akan mendurhakai-Nya? Jauhilah kedurhakaan. ”Setelah itu aku melanjutkan kesekolah untuk menghapalkan Al Qur’an, yang saat itu umurku baru enam atau tujuh tahun." Setelah itu aku banyak berpuasa, makan hanya dengan roti dan setiap malam mendirikan shalat
.
Demikianlah kira-kira sedikit postingan tentang melatih buah hati sejak dini, semoga buah hati kita kelak menjadi manusia yang shalih dan shalihah serta menjadi generasi Robbani, Amin

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh




55 comments

January 27, 2012 at 7:46 PM

amiin... semoga aku menjadi wanita yg pantas menyusui anak2 ku kelak.
dan semoga dek Devon mnjadi anak seperti apa yg diharapkan mas Insan dan Istri :)

January 27, 2012 at 8:03 PM

anak ibarat kertas putih, orang tuanya nya yg mengisi kertas tersebut.."setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan suci aorang tuanya lah yg menjadikan yahudi, nasrani, majusi" nice post kak..smoga saya juga kelak menjadi ibu dan istri yg bisa mendidik anak2 saya :)

January 27, 2012 at 8:03 PM

subhanallah...
makasih sharingnya, mas Insan.
saya pribadi terkadang masih lalai dalam banyak hal yang disebutkan dalam postingan tadi.
beruntung sudah diingatkan...

January 27, 2012 at 8:17 PM

@Aisa Juliaamin..., yah seharusnya begitu Aisa, anak harus diasuh dan disusui hingga usia 2 tahun, biar anaknya tumbuh sehat dan cerdas seperti Aisa

January 27, 2012 at 8:19 PM

@meutia rahmahAmin, Saya percaya Insya Allah Tia jadi Ibu dan Istri yang baik untuk putra dan suaminya, dengan berbekal ilmu dan hikmah sepertinya tdk sulit bagi Tia

January 27, 2012 at 8:21 PM

@risaTerimakasih sdh berkunjung Mbak Risa, sudah sepatutnya sesama muslim saling share dlm kebaikan, saya jg belajar jadi ayah yg baik bagi devon

January 27, 2012 at 8:24 PM

indahnya tulisan ini. semoga nnti kalau sudah tiba waktuku untuk menjadi seorang ayah, aku bisa menjadi seorang ayah yang mempunnyai kesadaran dan pemahaman seperti kang insan ....

January 27, 2012 at 8:27 PM

Salam.
Mantap postingannya Kang,merupakan pelajaran berharga bagi setiap orang tua dan calon orang tua, karena bagi orang tua yang betanggung jawab, anak adalah amanah, menyiayiakan amanah adalah khianat dan khianat adalah dosa besar. para bijak sering berkata, didiklah anakmu sebelum mereka lahir, sebagian besar anak meniru prilaku orang tua mereka, jadi contoh konkret dalam bentuk tindakan dan prilaku orang tua, lebih muda terekam oleh seorang anak, dari pada sebuah ucapan..sudah kita kita mendidik anak kita sebelum mereka lahir..?? jawabannya ada pada semua...
Salam

January 27, 2012 at 8:30 PM

Makasih postingannya mas.. ternyata menjadi orang tua sangat sulit yak..?? wah.. kudu belajar nih... :D

January 27, 2012 at 8:39 PM

Hm.. tulisan yg selalu mencerahkan qalbu.. ^^
Kak, izin pasang link kakak di Lingkar Ukhuwah saya ya.. Biar sy sering mengunjungi situs ini..
Benar-benar sarat makna, masya Allah..

January 27, 2012 at 9:08 PM

@muhammad ridwansaya meng-amini harapan Kang Ridwan..., tapi jangan seperti saya...,tanggung harus lebih baik dari saya..., seperti para ulama2 yg baik, atau sekalian spt Rasulullah

January 27, 2012 at 9:12 PM

@Ahmad Bakriwah Becks komentnya sungguh manteb dan cerdas, lebih dewasa dari usianya,...., makasih Becks

January 27, 2012 at 9:14 PM

@Andro Bhaskarawaduh Si Andro nyindir saya nih...,dibilang susah ya susah, di bilang gampang,..ya gampang juga... tergantung sandaran kita kepada siapa..?

January 27, 2012 at 9:23 PM

@Bianglala BasmahSyukron..., silahkan... silahkan... sebuah kehormatan sepertinya..., doa'n semoga istiqomah agar postingan blog ini ada manfaatnya...

January 27, 2012 at 9:48 PM

Aku wanita, calon istri, dan calon ibu.. hhe
Salam kenal dr makassar yaa devoooon..
ayoo jadi anak sholeh kebanggaan ibu-ayah..:)

January 27, 2012 at 10:01 PM

@Phipisemoga dan Insya Allah nanti adik Phipi akan jd istri yg baik bagi suami dan ibu yg baik bagi putra-putrinya...

salam kenal juga dari devon untuk kaka' Phipi...

January 27, 2012 at 10:46 PM

kang insan si ade lagi baca apaan tuch heheeh?

January 27, 2012 at 10:58 PM

tulisan yang penuh inspirasi... pelajaran bagus buat seorang ibu kaya saya mas.

January 27, 2012 at 11:42 PM

@Irfansi Ade lagi ngaji kaka Irfan...

January 27, 2012 at 11:43 PM

@@yankmirawaduh tersanjung Mbak Mira, saya jg belajar jd ayah yg baik mbak

January 28, 2012 at 1:42 AM

nanti aku pengennya anak pertamaku cowok, trus kedua cowok juga...trus ketiga cewek..
waaaa mau liat mereka belajar mengaji kayak devon juga...
wwkwkwkwk

January 28, 2012 at 5:50 AM

@Insan Robbani. amin kang, terlallu tinggi rasanya itu. tapi semoga saja ... :)

January 28, 2012 at 7:55 AM

huaaah merinding baca tulisan mas.. :D saya juga ingin selalu jadi anak yang solehah *masih byk belajar* biar nantinya bisa mendidik anak-anak dan menjadikan mereka anak2 yang sholah dan sholehah pula..amiin..

^_^

January 28, 2012 at 8:32 AM

Mengajarkan anak akhlakul karimah, memang dari pembiasaan2. Dan itu banyak sekali macamnya. Seringkali yang dilupakan orang bahwa itu adalah bagian dari mengajarkan Islam. Yang banyak disadari adalah bhw mengajarkan Islam kpd anak2 hanya spt belajar shalat, mengaji, puasa. Nice posting.

Btw, Devon sudah kelas berapa? Apa seumur dengan Affiq? Affiq sepuluh thn, sdh diancam kalau ketahuan tdk shalat mau dipukul. Sdh pernah sy pukul krn kedapatan gak shalat :( ... sedih ya .. tapi begitu kalau mau membiasakan anak, dgn doktrin dan ketegasan. Biar kalo di akhirat kita punya bukti sama Allah betul2 menyuruh anak shalat.

Devon mirip ayahnya ya? #penasaran, biasanya lihat tangan dan tasbih terus ^__^#

January 28, 2012 at 8:37 AM

assalamu'alaikum
saya mesti rajin mmpr kesini banyak renungan yg luarbiasa,,,

Ilmu tidak hars didaaptkan di majlis... disini jga saaya dapatkan itu...

saya pnggiLnya apa nih??

mdhan kelak jika menjadi ibu bisa menjadikan anak rajin baca quran dan pantang malas hehe

ohya dibiasakan pakai baju putih yah? saya sendiri gak suka pake baju putih jilbab putih malahan. Entah saya takut sekali menerawang wlpun bahannya tebal... beda dgn mukenah sya lbh dominan putih..

January 28, 2012 at 8:39 AM

ohyah nama anaknya DEVON yah??
hhehee ayo semangat devon.....

INSYA ALLOH gak nyesel punya ortu yg mengedepankan ketaqwaan amin

January 28, 2012 at 11:59 AM

Wa'alaikumsalam.. devon.. suaranya merdu pas ngaji.. haha.. salam buat devon ya mas Insan.. ayoo smangat mendidik si devon agar menjadi anak yg saleh.. amin.. ^__^

January 28, 2012 at 12:12 PM

@Phuji Astuty Lipiamin..., waduh... pengen besanan nunggunya lama banget...

January 28, 2012 at 1:38 PM

harus ekstra hati2 dalam memilih makanan nih, cz ahlak qt juga dtentukan dari apa yg kita makan. mumpung masih ada waktu, semoga selalu diizinkan ALLOH untuk menjaga diri dari hal2 haram agar dapat memberikan yang halal dan yangn terbaik bagi anak2 kelakjika saya diberi kesempatan menjadi ibu

subhanalloh, pelajaran yang sangat berharga sebagai bekal calon Ibu, semoga aku bisa jadi istri dan ibu yang soleha yang bisa melahirkan dan mendidik generasi Rabbani..

salam santun untuk bunda Devon dan salam ukhuwah untuk de' Devon dari ammah rima, semoga Devon menjadi anak soleh, muslih dan sukses yang bisa bawa ayah bunda ke syurga

January 28, 2012 at 2:49 PM

@Nona EnnoAmin..,semangat Enno, Anak muda lbh banyak gangguannya, tapi gak blh menyerah, bersandar pada Allah semua akan terasa mudah

January 28, 2012 at 2:56 PM

@Mugniarmakasih Bunda, saya banyak belajar dari postingannya cara mendidik anak yg baik dan benar,

Devon sdh lbh gede dari Affiq, 12 th jalan, menurut saya anak2 hrs mendapat porsi yg lbh banyak dlm hal akhlak sebaga bekal dasar pada masa berikutnya

hehehe... gak tau mirip ayahnya gak ya,,, yang penting gak mirip tetangganya ya bunda...

January 28, 2012 at 3:06 PM

@Annur EL- Kareemwaalaikumsalam..
terimakasih sdh mampir disini..
ilmu bisa didapt dimana saja krn sarana dan prasarana sdh sgt mudah, tp akan lbh baik kita tetep mendatangi majelis2 utk ber Talibul Ilm, akan byk hikmahnya..

silahkan panggil apa aja, insya Allah mbak Annur tau yg lbh baik.

mslh warna pakaian tdk hrs putih jg, akan lbh baik tdk dgn warna menyolok, atau yg akan menarik perhatian. warna yg soft dan tdk terlalu byk acessoris akan lbh elegant,...

January 28, 2012 at 3:09 PM

@Annur EL- KareemBetul...,Devon anak semata wayang..
Alhamdulillah mudah2an devon tdk menjadikan tokoh cerita2 barat yg dijadkan hero, tp ayahnya atau akan lbh baik jika para ulama, sahabat dan Rasulullah yg jadi teladan

January 28, 2012 at 3:10 PM

@Erlangga KusumawijayaAlhamdulillah kk Angga, didoakan ya agar devon jd anak yg shalih...

January 28, 2012 at 3:13 PM

@Rima Auliaterimakasih amah Rima...
satu diantara amal yg tdk terputus adalah doa anak yg shalih, doain ya agar Devon jadi anak yg shalih, bisa bantu Ayah bundanya ke Surga-Nya... Amin

January 28, 2012 at 3:15 PM

@muhammad ridwanjika Allah berkehendak apa yg tdk mungkin kang...,tp tdk hrs jadi nabi loh kang

January 28, 2012 at 7:06 PM

alhamdulillah, saya termasuk dari sekian banyak anak yang beruntung mendapat pendidikan dari orang tua saya.. orang tua yang mendidik saya dengan cara islami, meskipun tidak selengkap tulisan kang insan diatas.. dan semoga kelak, saya pun bisa seperti itu.. :)

January 28, 2012 at 8:50 PM

Wa'alaikumussalam warrohmatulloh wabarokatuuh..
Manusia lahir dengan segala potensi yang telah Allah titipkan padaNya.. Dan orang tua lah yang memiliki peranan terpenting dalam mengolah segala jenis potensi yang ada hingga menjadi sesuatu yang sangat berharga.
Anak bukan sekadar aset bagi orang tua.. Anak adalah titipan yang kelak dapat menjadi tabungan pahala menuju surgaNya..
semoga kelak ketika tiba masanya saya dapat menjadi umi yang baik bagi anak2 saya layaknya sang pembuat postingan ini..
Aaamiiin.. kang salam kenal yaaa buat si Devon.. Mirip banget ya sama bapaknya.. Ahihihiii...
^-^

January 28, 2012 at 9:17 PM

@dhenok habibiealhamdulillah...gak heran jika hasilnya juga akan lebih baik, jadi pribadi yg santun...

January 28, 2012 at 9:21 PM

@rusdah hayati Alhamdulillah...Uthe sdh menambahi postingan ini, harapan saya adik2ku bakal jadi istri dan ibu yg baik untuk suami dan putra/i-nya shg tercipta keluarga yg samara..
wah,..mirip ayah bundanya dong... kalo mirip tetangga bisa gawat....wkwkwkwk

January 29, 2012 at 1:20 AM

anak memang harus dilatih sejak dini, bukan untuk dimanja

January 29, 2012 at 1:50 AM

tak bisa berkomentar lebih banyak mas... saya cuma bisa menjadikannya sebagai pembelajaran nanti kelak kalau sudah punya anakk... :)

January 29, 2012 at 9:58 AM

@Nunosetuju, dalam Islam tidak ada budaya memanjakan anak

January 29, 2012 at 9:59 AM

@Samwohohoho..., semoga bang Sam kelak menjadi imam yang baik bagi keluarganya...

January 30, 2012 at 6:32 AM

Assalamu'alaikum...
Semoga nantinya generasi-generasi muda bangsa Indonesia kedepannya akan menjadi semakin baik dengan melatih serta memberikan bekal agama sedini mungkin serta teladan yang baik dari orang tuanya...aamiin

January 30, 2012 at 5:49 PM

wah gak maap yah gak ada komment soalnya belum ada fikiran
mampir aja yah

salam kenal
jangan lupa follow back yah...:D

January 31, 2012 at 9:59 AM

semoga generasi peneruh saya seperti ini kelak...aminnnn

February 1, 2012 at 7:11 PM

@ocktasalam kenal balik, sdh di follow

February 1, 2012 at 7:13 PM

@abufarraswaalaikumsalam warahmatullah...
amin..., kita semua berharab demikian, agar generasi selanjutnya bisa bisa mewarnai kehidupan dengan warna keshalihan

February 1, 2012 at 7:14 PM

@Juru Indra Downloadamin... semoga Allah mengabulkan harapan mas Indra

February 10, 2012 at 12:15 AM

ini devon? cakeeeeeeppppnyaaaaa :)
tips untuk masa depan nanti. makasi ya mas sharenya.

February 10, 2012 at 9:01 PM

@Irma Devi SantikaIya kk Irma..., Devon yg lagi ngaji...
siapa tau tips ini bermanfaat buat Irma Nanti...

February 11, 2012 at 9:06 AM

Wa'alaikumsalam Warohmatulloh.. Alhamdulillah akhirnya bia melihat Devon dengan jelas jugaa.. ^_^ Adek Devon yang Sholeh.. "Semoga engkau senantyasa menjadi kebanggaan bagi Agamamu..keluargamu..dan Negaramu.. semoga kelak engkau pun akan menjadi penyumbang pahala terbesar yang tyada terputusnya untuk ayah dan bundamu.. ketika ayah dan bundamu sudah tak mampu lagi mengumpulkan amalan walau hanya sedikit.."
Sayang Devon karena Alloh.. semoga kita dipertemukan yah Devon sayang ^__^

February 11, 2012 at 9:02 PM

@Anna AQyuanAmin kk Anna, semoga begitu jg dgn kk Anna

February 8, 2013 at 9:41 PM

Anak2ku juga ga pada tidur siang mas...
Alhamdulillah Devon dididik sedemikian baik... Semoga menjadi anak yang sehat, sholeh dan berbakti kepada orang tua.

Post a Comment

"Setelah dibaca tunjukkan kunjungannya dengan meninggalkan jejak dikolom komentar karena postingannya sopan maka diharap komentarnya juga yang sopan mohon tidak menulis komentar spam dan OOT disini"

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes